Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KNKT Dikerahkan untuk Investigasi Kecelakaan Pesawat Cardig

Kompas.com - 29/08/2015, 04:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Petugas Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah dikerahkan untuk untuk menginvestigasi kecelakaan pesawat Cardig Air B737-300F PK-BBY di Bandara Wamena. Kecelakaan itu terjadi Jumat (28/8/2015) sore, sekitar pukul 15.50 WIT.

"KNKT telah dikirim ke sana, semua sudah ditangani oleh mereka," kata Direktur Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara Muzaffar Ismail saat ditemui di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat. 

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Julius Andravida Barata mengatakan, KNKT telah menugaskan dua orang investigator ke Papua untuk bergabung dengan satu investigator lainnya yang berada di Papua, di antaranya Massuri dan Captain Chaeruddin.

Sementara, lanjut dia, investigator yang telah berada di Papua adalah Nobertus.

"Kedatangan tim KNKT ini untuk menyelediki penyebab tergelincirnya pesawat Cardig Air yang nantinya hasil investigasi akan menjadi bahan rekomendasi ke regulator dan operator," kata Barata.

Pesawat kargo yang membawa beras Bulog bagi para pegawai negeri sipil di wilayah pegunungan Tengah Papua itu tergelincir di apron II Bandara Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua. 

"Main landing gear pesawat sebelah kiri patah saat turning setelah akan masuk ke taxiway, sehingga mengakibatkan block runway," kata dia. (Baca: Pesawat Kargo Cardig Air PK-BBY Alami Patah Roda Kiri di Bandara Wamena)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com