Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Gajah Terlatih Ikut Menertibkan Gajah Liar yang Merusak Tanaman Warga

Kompas.com - 28/08/2015, 21:27 WIB
Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan

Penulis

BIREUEN, KOMPAS.com - Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh kembali menurunkan empat ekor gajah terlatih untuk menggiring kawanan gajah liar di kawasan pegunungan Pante Peusangan, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, Aceh, Jumat (28/8/2015) petang.

Kegiatan itu dilakukan setelah Dinas Kehutanan dan Perkebunan Bireuen untuk menindaklanjuti keluhan warga yang terganggu oleh keberadaan kawanan gajah.

Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Kadisbunhut) Bireuen, Irwan SP mengatakan, sejak satu bulan terakhir, aktivitas kawanan gajah yang mengobrak-abrik tanaman petani cenderung meningkat, sehingga meresahkan petani maupun warga.

“Memang laporan sering kami terima sejak mengamuknya kembali kawanan gajah liar ke sana, karena berisiko tinggi menimbulkan korban maka segera kita tindaklanjuti,” ungkap Irwan.

Untuk itu, petang tadi, tim BKSDA bersama empat ekor gajah terlatih turun menggiring kawanan gajah liar di kawasan Pante Peusangan, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, Aceh. Diperkirakan akan memakan waktu selama seminggu hingga kawanan gajah itu bisa digiring ke habitatnya.

“Lebih kurang satu minggu baru bisa digiring kembali, karena belum dapat dipastikan berapa jumlah ekor gajah di sana,” tandas Irwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com