Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Kargo Cardig Air PK-BBY Alami Patah Roda Kiri di Bandara Wamena

Kompas.com - 28/08/2015, 15:49 WIB
Kontributor Jayapura, Alfian Kartono

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com - Pesawat Cardig Air dengan nomor registrasi PK-BBY mengalami kerusakan roda sebelah kiri, beberapa saat setelah mendarat di Bandara Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Jumat (28/8/2015) sore. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun badan pesawat yang terhenti di landasan pacu mengganggu jadwal penerbangan sejumlah pesawat di Bandara Wamena.

Informasi yang dihimpun Kompas.com di Wamena, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 15.51 WIT ketika pesawat cargo jenis Boeing 737-300 mengalami patah roda sebelah kiri di taxi way E, beberapa saat setelah mendarat di landasan pacu. Akibat kejadian ini, pesawat dengan pilot Suyanto dan kopilot Simon, serta dua kru langsung terhenti dan miring ke kiri, mesin sebelah kiri menyentuh landasan.

Setelah peristiwa itu, petugas bandara Wamena langsung ke lokasi kejadian dan menyemprotkan cairan mengantisipasi percikan api dari mesin pesawat. Selanjutnya pilot dan kopilot serta kru diturunkan dengan tangga khusus, kemudian menurunkan muatan pesawat berupa beras dolog sebanyak 12.400 kilogram.

Akibat kejadian ini, untuk sementara pihak bandara menutup penerbangan pesawat ukuran besar sambil menunggu upaya pihak bandara mengeluarkan muatan pesawat dan memindahkan pesawat dari landasan pacu.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan dari kepala Bandara Wamena tentang peristiwa ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com