Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puslabfor Polri Ambil Sampel Kebakaran Pasar Tengah untuk Penyelidikan

Kompas.com - 27/08/2015, 00:05 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Tim dari Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri sudah mendapatkan beberapa sampel yang diambil dari dari olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi kebakaran di Pasar Tengah, Pontianak, Rabu, (26/8/2015). Sampel tersebut akan dikaji secara laboratoris untuk kepentingan penyelidikan polisi dalam mengungkap penyebab kebaran.

Kepala Unit Tindak Pidana Tertentu Polresta Pontianak, Iptu Sagi mengatakan, sampel tersebut sudah diambil oleh dua orang tim dari Mabes Polri. Sampel yang di dapatkan oleh tim dimasukkan ke dalam beberapa kantong plastik transparan.

Selain itu, titik mula asal api yang menyebabkan kebakaran sudah diketahui.

"Berdasarkan keterangan dari para saksi yang kita dapatkan, asal titik api sudah diketahui. Namun guna kepentingan penyidikan lebih lanjut, kita belum bisa mempublikasikannya,"ujar Sagi, Rabu (26/8/2015).

Sagi menambahkan, dalam melakukan olah TKP, tim Puslabfor tidak hanya mengidentifikasi lokasi yang sudah dipetakan sesuai garis polisi yang terpasang. Namun, tim Puslabfor juga mengidentifikasi sejauh mana rembetan kebakaran tersebut.

"Garis polisi yang kita pasang sekarang memang agak melebar. Karena berdasarkan keterangan saksi ada satu titik yang perlu diidentifikasi secara mendalam, sehingga garis polisi itu agak kita buka," ujar Sagi.

Selain melakukan olah TKP, sebelumnya pihak Polresta sudah melakukan penyelidikan. Tahapan yang sudah dilakukan sejauh ini sudah memeriksa beberapa saksi yang berkaitan dengan peristiwa kebakaran tersebut.

"Ada sekitar 8 sampai 9 orang saksi yang sudah kita periksa, orang yang kita periksa ini belum termasuk para korban seperti pemilik ruko maupun kios. Para korban saat ini masih sibuk berkemas pascakebakaran tersebut," kata Sagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com