Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pejabat Jatim Sambut 69 PSK yang Dipulangkan dari Jayapura

Kompas.com - 26/08/2015, 20:39 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Sedikitnya 69 Pekerja Seks Komersial (PSK) Jayapura asal Jawa Timur dipulangkan ke tempat asal. Mereka dipulangkan karena pemerintah daerah setempat menutup lokalisasi prostitusi Tanjung Ilmu di Kampung Asei Kecil, Distrik Sentana.

Mereka diangkut KM Gunung Dempo dari Papua, dan sampai ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Rabu (26/8/2015) sore. Sejumlah pejabat Pemprov Jatim dan pejabat daerah asal mereka di Jawa Timur terlihat menyambut mereka di Terminal Gapura Surya Nusantara. 

"Lokalisasinya ditutup 17 Agustus lalu, tapi mereka baru dipulangkan beberapa hari kemarin," kata Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Pemprov Jatim, Hizbul Wathon.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, seusai diturunkan dari kapal, mereka dikumpulkan ke tempat khusus untuk melakukan ramah tamah. Mereka lalu didata dan diperiksa kesehatannya.

"Kita periksa untuk memastikan mereka bebas dari virus HIV. Hasilnya kami laporkan ke pemerintah daerah setempat," terangnya.

Para PSK tersebut berdasarkan catatan petugas berasal dari sejumlah daerah di Jatim seperti Surabaya, Gresik, Malang, Jombang, Madiun, dan Ponorogo.Mereka diberi modal usaha masing-masing lebih dari Rp 5 juta dari Pemkab Jayapura dan pemerintah pusat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com