Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga karena Korsleting, Dua Rumah Mewah Terbakar

Kompas.com - 26/08/2015, 19:18 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Dua rumah mewah di Jalan Suprapto 4, Kelurahan Benua Melayu Darat, Pontianak Selatan, terbakar, Rabu (26/8/2015). Belasan mobil pemadam diturunkan mengatasi kebakaran di kompleks pemukiman elite tersebut.

Kapolsek Pontianak Selatan AKP Kartyana menjelaskan, kebakaran terjadi pada pukul 12.30 dan diduga karena arus pendek hubungan listrik. Proses pemadaman berlangsung lebih dari dua jam dengan pengamanan dari kepolisian.

“Kebakaran diduga berasal dari konsleting arus listrik di sekitar kulkas dan dispenser, namun penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. Untuk kerugian berupa harta benda di dalam rumah dan jumlahnya, belum dapat ditaksir. Tidak ada korban jiwa dari musibah ini,” ujar Kartyana, Rabu (26/8/2015).

Saat kebakaran berlangsung, lanjut Kartyana, seorang asisten rumah tangga bernama Suryana melihat sumber api berasal dari belakang kulkas dan dispenser yang berada di lantai 2 rumah no 11 B dan menyebar ke rumah no 11 A yang posisinya berdampingan.

Sementara itu, salah satu saksi, Suryana (48) mengatakan pada saat kejadian listrik sempat padam.

"Stud listrik sempat jatuh dan dinaikan lagi oleh ponakan saya. Tidak lama kemudian, ponakan saya bilang, ada air yang merembes dari lantai atas," ujar Suryana.

Merasa penasaran, Suryana pun naik ke atas. Ia melihat ada asap dan api di dekat kulkas dan dispenser. Melihat api mulai membesar, Suryana dan keponakannya berusaha menyelamatkan barang-barang berharga.

“Kedua pemilik rumah tidak ada di rumah, yang ada hanya kami berdua saja. Ibu, hari ini baru pulang dari Singapura,” ujar Suryana yang merupakan asisten pemilik salah satu rumah tersebut.

Kebakaran rumah mewah tersebut saat ini masih dalam penanganan Polsek Selatan. Pengamanan dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya pencurian di kedua rumah mewah tersebut.

“Kami masih melakukan pengamanan terhadap rumah tempat kejadian kebakaran, untuk mengantisipasi pencurian terhadap barang-barang berharga,” tambah Kartyana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com