Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Jokowi untuk Korban Lumpur Lapindo yang Terima Ganti Rugi

Kompas.com - 25/08/2015, 17:46 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SIDOARJO, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo menemui korban lumpur Lapindo di titik 25 tanggul lumpur Kecamatan Porong, Sidoarjo, Selasa (25/8/2015).

Kepada para korban lumpur yang sudah menerima ganti rugi, Jokowi berpesan agar uang yang diterima bisa dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Jokowi mewanti-wanti agar korban lumpur tidak menggunakan uang tersebut untuk kegiatan yang bersifat konsumtif, apalagi dihambur-hamburkan.

"Beli tanah, rumah, atau kebutuhan anak. Ingat, jangan untuk kegiatan konsumtif," kata Jokowi.

Jokowi tidak mengizinkan uang ganti rugi itu dipergunakan untuk membeli mobil baru, ponsel baru, atau sepeda baru.

"Biasanya kalau satu beli mobil baru, semuanya ikut beli mobil baru," kata Jokowi.

Jokowi mengaku tidak mudah untuk memperjuangkan dana talangan dari APBN sebesar lebih dari Rp 700 miliar bagi korban lumpur. Oleh karena itu, dia meminta agar warga korban lumpur memanfaatkan dana itu sebaik-baiknya. 

Bulan lalu, pemerintah bersama pihak PT Lapindo Brantas menandatangani surat perjanjian mengenai pemberian pinjaman dana antisipasi atau talangan untuk melunasi pembelian tanah dan bangunan warga korban lumpur Sidoarjo dalam peta area terdampak 22 Maret 2007.

Dari dana talangan senilai Rp 760 miliar lebih, pemerintah mendapat jaminan aset senilai Rp Rp 2.797.442.841.586. Surat perjanjian ditandatangani oleh Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mewakili pemerintah sebagai pihak pertama serta Presiden Lapindo Brantas Inc Tri Setia Sutisna dan Direktur Utama PT Minarak Lapindo Jaya, Andi Darussalam, sebagai pihak kedua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com