Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heryawan Bangga 4 Kampus Kelas Dunia Ada di Jabar

Kompas.com - 25/08/2015, 15:25 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

SUMEDANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengaku bangga empat kampus kelas dunia berada di Jawa Barat. Keempat kampus itu adalah Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Indonesia (UI) Depok.

"Mohon maaf Pak Gubernur Ahok, itu (UI) di Jabar bukan Jakarta. Tujuh per empat lahan UI ada di Jabar. Hanya 1/8 lahan UI yang ada di Jakarta," ujar pria yang biasa disapa Aher dalam Sidang Terbuka Senat Fisip Unpad di Jatinangor Sumedang, Selasa (25/8/2015).

Aher mengungkapkan, ada lima kampus di Indonesia yang berhasil menjadi kampus kelas dunia. Dari lima tersebut, empat di antaranya berada di Jabar.

"Makanya saya bangga," ungkapnya.

Di hadapan ratusan mahasiswa baru Fisip Unpad pula, Aher mengungkapkan potensi dan keberhasilan yang dilakukan dirinya. Saat ia pertama kali menjadi gubernur, tingkat lama sekolah di Jabar hanya 6,5 tahun. Namun kini tingkat lama sekolah mencapai 8,38 tahun.

Ia menargetkan, pada 2018 mendatang, tingkat lama sekolah mencapai 95 persen. Sedangkan masyarakat Jabar yang melanjutkan ke perguruan tinggi baru 19,9 persen atau di bawah nasional. Salah satu penyebabnya adalah jumlah perguruan tinggi negeri (PTN) yang kurang.

"Karenanya saya protes ke nasional harus menambah perguruan tinggi. Alhamdulillah sekarang Unsil dan Unsika sudah jadi PTN. Dan, akan menyusul 4 PTN lagi di Jabar," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com