Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kakek Berusia 87 Tahun Naik Haji setelah Menabung 37 Tahun

Kompas.com - 25/08/2015, 10:48 WIB
Arief Kurniawan

Penulis


KOMPAS.com – Di usia 87 tahun, keinginan Soleh untuk naik haji akhirnya sebentar lagi terwujud. Cita-citanya beribadah haji sudah diidam-idamkannya sejak tahun 1978 dengan menabung sedikit demi sedikit. Artinya sudah 37 tahun ia mengumpulkan uang demi beribadah ke Tanah Suci.

Menabung selama 37 tahun bukanlah waktu yang sebentar. Demi mewujudkan keinginannya, Mbah Soleh dengan sabar mengumpulkan uang sedikit demi sedikit dari hasil berkebun dan mengurus ternak.

Pada awalnya Mbah Soleh berniat pergi ke Tanah Suci bersama sang istri tercinta. Namun apa daya, sang istri telah mendahuluinya menghadap Yang Maha Kuasa.

Meski tak ditemani sanak saudara, Mbah Soleh tetap bertekad pergi ke Tanah Suci, keinginan yang telah lama dinantikannya. Keluarganya pun telah memasrahkan Mbah Soleh kepada ketua regu.

Awal September nanti mungkin menjadi hari yang ditunggu-tunggu Mbah Soleh. Pada hari itu, ia akan berangkat menunaikan rukun Islam kelima. Mbah Soleh akan pergi ke Tanah Suci bersama rombongan dari embarkasi Solo, Jawa Tengah.

Simak penuturannya di vedeo berikut ini: 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com