Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Ada Lima Titik Api di Gunung Merbabu

Kompas.com - 22/08/2015, 16:22 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Memasuki hari ketiga, api yang membakar di Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) sudah mengecil, Sabtu (22/8/2015) siang. Namun embusan angin dari arah selatan dan timur justru membuat api merembet ke puncak memasuki wilayah Selo Kabupaten Boyolali.

Kepala Seksi Wilayah II TNGMb, San Andre Jatmiko, mengatakan bahwa sampai saat ini terpantau masih terdapat lima titik yang harus dipadamkan di kawasan Gunung Merbabu. Dari lima titik itu, empat titik berada di wilayah Kabupaten Magelang dan satu titik di wilayah Selo Kabupaten Boyolali.

Menurut Andre, jumlah ini sudah turun jauh dibandingkan hari sebelumnya dimana hutan terbakar menyambung memanjang sampai sekitar 20 kilometer.

"Untuk saat ini titik api sudah terpisah-pisah," kata Andre, Sabtu siang.

Andre mengapresiasi seluruh petugas yang ikut bergabung dalam upaya pemadaman kebakaran sejak Rabu (19/8/2015) lalu. Baik dari TNI, Polri, SAR, BPBD, Relawan, Radio Komunitas, Masyarakat Peduli Api (MPA) dan warga masyarakat sekitar yang sangat sigap membantu mengatasi musibah ini.

"Respon mereka bagus sekali, mereka sigap, cepat dalam upaya pemadaman ini. Saya sangat berterimaksih dan apresiasi," tutur Andre.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com