Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenangan Warga Australia tentang HUT Kemerdekaan RI

Kompas.com - 17/08/2015, 12:47 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com - Warga Australia bernama Janette Chapman, (68), mengaku memiliki kenangan khusus setiap perayaan HUT kemerdekaan Indonesia. Dia mengaku yang lahir dan sekolah di Indonesia hingga usia 16 tahun ini selalu mengikuti upacara bendera setiap tanggal 17 Agustus.

"Saya tau dong hari ini hari Kemerdekaan Indonesia. Saya lahir di Jakarta dan sekolahnya di Surabaya sampai umur 16 tahun. Setiap tanggal 17 Agustus saya juga ikut upacara bendera di sekolah saya. Jadi saya tahu," kata Janette saat menonton upacara bendera HUT RI ke-70 di Pulau Peninsula, Nusa Dua, Bali, Senin(17/8/3015).

Janette juga menjelaskan bahwa dirinya memiliki darah Indonesia dari ayahnya yang berasal dari Gorontalo, Sulawesi. Dia juga mengakui bahwa ibunya seorang jurnalis yang bekerja di sebuah surat kabar nasional berbahasa Inggris. Ibu nya bekerja sebagai Jurnalis saat berada di Surabaya dan tahun 1963 kembali ke Australia.

"Ibu saya juga jurnalis loh waktu di Surabaya. Saya juga cinta Indonesia. Ada koneksi yang dekat sekali, ayah saya orang Indonesia, orang Gorontalo. Setiap tahun saya berkunjung ke Indonesia, di Jakarta, di Surabaya, di Bali. Saya cinta Indonesia," tambahnya.

Janette memang cukup fasih berbahasa Indonesia walaupun tidak selancar orang pribumi. Ini juga sudah menunjukkan sedikit identitasnya bahwa dia memiliki darah Indonesia dan cukup merasakan kemeriahan masyarakat Indonesia dalam HUT kemerdekaan ini.

Sejak pagi hingga upacara bendera selesai, Jannette setia menunggu lokasi upacara sambil mengambil gambar untuk mengabadikan momen-momen kegiatan upacara bendera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com