Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klub Moge HDCI: Jangan Salahkan Polisi ...

Kompas.com - 16/08/2015, 21:27 WIB
Andri Donnal Putera

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu warga di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Elanto Wijoyono, menilai polisi melakukan kesalahan dengan mengawal iring-iringan sepeda motor gede atau moge dari klub motor Harley Davidson. Elanto menganggap, yang boleh dikawal hanya mereka yang berhubungan langsung dengan urusan negara, bukan acara pihak swasta biasa.

Meski demikian, Ketua Umum Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Nanan Soekarna meminta masyarakat tidak semata-mata menyalahkan polisi. Untuk kegiatan HDCI yang diprotes oleh Elanto sendiri, Nanan menegaskan, pihaknya telah mengurus izin ke polisi dan pengawalan sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Kepolisian itu melakukan tugas, kewajiban, dan tanggung jawabnya mengamankan iring-iringan. Kepolisian bukan ingin menyalahgunakan wewenangnya," kata Nanan dalam sebuah konferensi pers di Jakarta, Minggu (16/8/2015).

Menurut Nanan, siapa saja yang meminta pengawalan dari polisi, akan mendapatkan pengawalan seperti yang mereka dapatkan di Yogyakarta. Tidak hanya untuk klub moge, sehingga tidak bisa dibilang jika polisi pilih kasih dan hanya mau mengawal klub moge seperti mereka.

"Enggak cuma moge loh. Kalau ada iring-iringan sepeda, polisi pasti kawal, ada buka-tutup jalan. Kalau ada iring-iringan jalan sehat, misalnya, polisi juga pasti kawal kalau kita minta," tutur Nanan.

Kompas TV Pegiat Sepeda Hadang Konvoi Motor Gede

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com