Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Laskar Pemuda Perbatasan", Karang Tarunanya Pulau Sebatik

Kompas.com - 16/08/2015, 16:57 WIB
Aldo Fenalosa

Penulis

SEBATIK, KOMPAS.com - Di Pulau Sebatik, kegiatan kemasyarakatan tergolong minim. Keseharian warga pun lebih banyak untuk aktivitas pribadi. Menurut Rahman yang merupakan ketua Laskar Pemuda Perbatasan, kesadaran warga Sebatik, terutama generasi muda, dalam membangun daerahnya masih minim 

"Kegiatan masyarakat khususnya kepemudaan kayak karang taruna itu mati suri di Sebatik ini. Perkembangan daerah ini makanya berjalan lambat, tidak ada yang mendukung," sebut Rahman saat ditemui Kompas.com di desa Pencang, Minggu (16/8/2015).

Oleh karenanya, Rahman bercerita mulai tahun 2014 lalu sejumlah pemuda berinisiatif membuat organisasi semacam karang taruna. Setahun berdiri, sekitar 50 orang pemuda sekitar yang berlatar belakang pendidikan sarjana ikut bergabung.

Dengan adanya organisasi itu, mereka berharap kreativitas warga salah satu pulau terluar Kalimantan itu bisa terpicu. "Laskar Pemuda Perbatasan itu untuk mengawal perkembangan yang ada di Sebatik. Kami juga selalu berusaha mengadakan kegiatan kemasyarakatan seperti lomba mancing dan kegiatan intelektual untuk warga seperti pelatihan IT dan jurnalistik," sebut Rahman.

Dengan adanya denyut kegiatan di Sebatik, Rahman pun berharap kampungnya itu bisa dilirik oleh daerah lain maupun pemerintah pusat.

"Makanya kami ingin menghidupkan kembali kegiatan positif yang ada di Sebatik agar dapat dilihat oleh daerah lain maupun pemerintah pusat. Kami siap untuk mengawal rencana perkembangan-perkembangan yang ingin dilakukan di sini," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com