Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lelaki Ini Kuras Tabungan Temannya Setelah Tahu PIN ATM

Kompas.com - 15/08/2015, 06:27 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Lelaki berinisial BT (22), warga Cicendo, Kota Bandung, nekat mencuri uang temannya sendiri, Delliayana, warga Kota Cimahi, dengan cara menguras semua uang korban di ATM senilai Rp 73 juta. Pelaku yang mengetahui personal identification number (PIN) korban langsung mencuri kartu ATM korban dan membobol semua isi tabungannya.

"Iya betul, korban dan pelaku saling kenal. Tersangka mengetahui nomor PIN ATM yaitu pada saat sebelum kejadian pencurian, tersangka pernah memandu korban mengambil uang di ATM, dan pada saat itulah tersangka menghafal nomor PIN milik korban," kata Kepala Polisi Resor Cimahi Ajun Komisaris Besar Dedy Kusuma Bhakti melalui pesan singkat, Sabtu (15/8/2015) dini hari.

Dedy mengatakan, aksi pelaku terungkap saat korban mengaku telah kehilangan kartu ATM Mandiri pada 10 Juli 2015. Mendapat laporan tersebut, Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Polres Cimahi melakukan proses penyelidikan dengan cara memonitor beberapa ATM Mandiri yang ada di wilayah Kota Cimahi dan tempat perbelanjaan di Kota Bandung.

Atas informasi dari petugas sekuriti ATM Mandiri di wilayah Pasteur Kota Bandung, pelaku akhirnya ditangkap di Kota Bandung pada Jumat (14/8/2015) sekitar pukul 16.00 WIB. Polisi menyita barang bukti kartu ATM Bank Mandiri milik korban, kartu ATM BCA milik tersangka, tiga telepon seluler, satu jam tangan, portable drive, dan jaket.

"Selanjutnya terhadap tersangka dilakukan penahanan mengingat terpenuhinya alat bukti dan terpenuhinya unsur pasal yang dipersangkakan dengan dugaan Pasal 363 jo 362 KUH Pidana dengan ancaman kurungan di atas lima tahun penjara," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com