Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Nagan Raya Aceh Sambut HUT Ke-70 RI dengan Berzikir

Kompas.com - 13/08/2015, 23:53 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com — Menyambut hari ulang tahun kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia, Solidaritas Keluarga Besar Raja Tampok (Sikrak) Aceh dan Ulama Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf (MPTT) di Kabupaten Nagan Raya, Aceh, menggelar zikir dan tausiah tauhid tasawuf.

"Peringatan hari ulang tahun kemerdekaan RI yang ke-70 ini kita sambut dengan berzikir," kata Muhammad Khalid AL Yumla, ulama muda Kabupaten Nagan Raya, kepada Kompas.com, Rabu (13/8/2015) dini hari.

Menurut AL Yumla, yang akrab disapa Abu Let, pihaknya sengaja meramu kegiatan menjelang hari peringatan kemerdekaan Indonesia yang bernuasa Islami karena sejarah perjuangan untuk meraih kemerdekaan Indonesia tidak terlepas dari peran ulama dan para cendekiawan Indonesia.

"Kemerdekaan Indonesia tidak terlepas dari peran ulama saat melawan penjajah saat itu, makanya kami mengajak seluruh masyarakat di Nagan Raya dan seluruh Indonesia untuk sama-sama berzikir untuk memperingati ulang tahun kemerdekaan, jadi jangan hanya mengisi dengan kegiatan yang sifatnya duniawi," katanya.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, meski hujan mengguyur dan lokasi acara yang sangat sederhana, ribuan warga Nagan Raya terlihat larut dalam zikir akbar. Kumandang kalimat Allah dan rasulnya nyaring terdengar di halaman Sekretariat Sikrak Aceh, di Gampong Paya Undan, Kecamatan Senagan, Nagan Raya, Rabu (12/8/2015) dini hari.

"Antusiasme masyarakat Nagan Raya sangat luar biasa. Terbukti, masyarakat sekarang haus dengan zikir," kata Faisal Qubsy dari Sikrak Aceh.

Zikir dan tausiah tauhid tasawuf Abuya Amran Waly Al-Khalidi itu  dipimpin oleh Tgk Masyhuri. Zikir akbar menyambut hari kemerdekaan Indonesia dengan tema "Kembalikan Ruh Bangsaku" ini turut dihadiri Ketua MPTT Asia, Abuya Amran Wali Al-Khalidi, yang sekaligus memberikan tausiah kepada jemaah zikir di penghujung acara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com