Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Gunungkidul Serahkan Bantuan Air Pakai Water Canon

Kompas.com - 13/08/2015, 19:23 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu daerah terparah dari dampak musim kemarau. Demi meringankan beban masyarakat mendapatkan air bersih, Polres Gunungkidul pun turut serta memberikan bantuan air.

Berbeda dengan penyumbang lainnya, Polres Gunungkidul memasok air ke warga dengan menggunakan mobil yang biasanya digunakan untuk menghalau massa, yakni water canon.

"Kita melakukan dropping air untuk membantu warga masyarakat yang terdampak kekeringan di Gunungkidul," ujar AKP Hendra Prastawan, kasat sabara Polres Gunungkidul, Kamis (13/8/2015).

Hendra menjelaskan, pihaknya menggunakan mobil water canon karena daya tampungnya lumayan besar, yakni 4.000 liter.

"Dropping air ini rutin, kita gunakan kendaraan water canon dengan kapasitas 4.000 liter," tandasnya.

Meski memakai water canon, lanjut dia, namun dropping air tidak bisa menjangkau semua wilayah. Pasalnya, ukuran kendaraan tersebut cukup besar sehingga tidak dapat melewati jalan-jalan kecil di desa.

"Kesulitanya di jalan-jalan kecil, kendaraan tidak bisa. Kita juga pilih-pilih jalan agar tidak merusak jalanan desa," ucapnya.

Sementara itu, pada Kamis (13|8|2015), mobil water canon milik Polres Gunungkidul melakukan dropping air dengan menyasar Dusun Kamal, Wunung, Wonosari. Dari pengamatan Kompas.com, tampak warga antusias menyambut kedatangan mobil pengangkut air bersih tersebut. Warga merasa terbantu dengan dropping air yang dilakukan oleh Polres Gunungkidul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com