Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panwas Akan Klarifikasi Keaslian Ijazah SMA Bupati Simalungun

Kompas.com - 12/08/2015, 01:16 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

SIMALUNGUN,KOMPAS.com - Panwas Pilkada Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara akan melakukan klarifikasi ijazah para pasangan bakal calon Bupati-Wakil Bupati Simalungun, termasuk ijazah SMA milik bakal calon petahana JR Saragih.

"Memang ini tidak gawean kami. Akan tetapi karena ada laporan yang masuk dari beberapa warga. Mulai dari tertulis dan melalui SMS serta telepon yang masuk ke Panwas Simalungun, maka kita akan mengklarifikasi keaslian ijazah hingga ke sekolah yang bersangkutan," kata Ulamatuah Saragih selaku Ketua Panwas Kabupaten Simalungun, Selasa (11/8/2015).

Menurut Ulamatuah, sebetulnya ada tidak ada laporan, Panwas Kabupaten Simalungun wajib mengklarifikasi keaslian ijazah lima pasangan bakal calon yang mendaftar ke KPUD Kabupaten Simalungun.

"Apa lagi ada laporan dari warga, maka kita akan lebih memprioritaskanya," tegasnya.

Diakuinya, banyak laporan warga soal ijazah JR Saragih. Beberapa laporan secara tertulis menyebutkan kejanggalan ijazah SMA milik Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Simalungun itu.

"Panwas Simalungun akan memgklarifikasi ijazah SMA JR Saragih hingga ke Surabaya. Di mana,  menurut laporan warga, bahwa ijazah SMA JR Saragih tamat dari salah satu SMA di Surabaya. Tim akan diberangkatkan ke Surabaya untuk mengklarifikasi ke sekolah yang bersangkutan soal kebenaran ijazah beliau," terangnya.

Panwas juga mengharapkan kepada KPUD Simalungun untuk lebih memprioritaskan ijazah para pasangan bakal calon yang diadukan oleh masyarakat karena diduga bermasalah.

"Agar KPUD Simalungun lebih memprioritaskan apa yang menjadi pengaduan masyarakat mengenai ijazah dari kelima pasangan bakal calon," tegasnya. Ulamatuah mengingatkan, jika ada ijazah SD dan SMP milik para bakal calon diduga bermasalah, itu tidak akan mempengaruhi, karena yang diambil atau disampaikan sebagai syarat ke KPUD adalah ijazah SMA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com