Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istri Gantikan Bupati Petahana yang Tidak Lolos Kesehatan di Pilkada

Kompas.com - 07/08/2015, 23:52 WIB
Kontributor Palu, Erna Dwi Lidiawati

Penulis


PALU, KOMPAS.com
– Wardah Aswadin Randa Lemba akhirnya resmi menjadi calon wakil bupati Kabupaten Sigi mendampingi Agus Lamakarate dalam pemilihan calon kepala daerah. Di hari terakhir penyerahan berkas pasangan calon yang jatuh pada Jumat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah menerima berkas dari pasangan calon Agus Lamakarate-Wardah Aswadin Randa Lemba untuk maju bertarung dalam pilkada yang akan digelar serentak pada 9 Desember 2015 mendatang.

"Semua berkas calon bupati dan wakil bupati Sigi sudah semua masuk di KPU. Yang terakhir adalah pasangan calon Agus Lamakarate–Wardah Randa Lembal. Jadi total pasangan calon bupati yang masuk di KPU ada lima pasang yang nantinya maju dalam pilkada ini," kata Ketua KPU Sigi Taufiq, Jumat (7/8/2015).

Untuk diketahui, Wardah Aswadin Randa Lemba merupakan istri dari Aswadin Randa Lemba. Awalnya bupati petahana Aswadin akan berpasangan dengan Agus Lamakarate. Namun KPU Sigi, berdasarkan hasil pemeriksaan tim Dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyatakan bahwa Aswadin tidak memenuhi syarat untuk maju mencalonkan diri kembali menjadi bupati Sigi.

Aswadin tidak diperbolehkan maju dalam Pilkada Sigi lantaran alasan kesehatan, Partai PDI-P sebagai partai pengusung, langsung melakukan perubahan, dengan memposisikan Agus Lamakarate sebagai calon bupati dan wardah Aswadin sebagai calon wakil bupati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com