Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Kemenag Setuju Hibahkan Lahan untuk Pemkot Bandung

Kompas.com - 07/08/2015, 21:15 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Kementerian Agama telah sepakat akan menghibahkan lahan seluas 8 hektare di kawasan Gedebage untuk Pemerintah Kota Bandung. Rencananya, lahan tersebut dijadikan lokasi baru kantor Pemkot Bandung.

Demikian diungkapkan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat melakukan kunjungan ke Kecamatan Buahbatu, Bandung, Jumat (7/8/2015).

Pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan, lahan tersebut sebenarnya dipakai oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Bandung. Namun, pihak UIN juga menyetujui rencana Pemkot Bandung tersebut.

"Ada berita baik. Jadi kan rencananya kantor Pemkot Bandung akan pindah ke kawasan teknopolis (Gedebage) tanahnya kan tanah negara yang dimiliki Kementerian Agama dengan penggunanya UIN. Saya sudah ketemu dengan rektor UIN-nya sudah ada kesepakatan dan tidak ada masalah," tutur Emil.

Dia menambahkan, rencananya proses hibah tersebut akan dilakukan pada Desember mendatang.

"Dari menteri agama juga mendukung, tinggal masalah prosedur, mudah-mudahan Desember ada hibah tanah dari Kemenag ke Pemkot Bandung, jadi kita bisa mulai merencanakan untuk pindah," jelasnya.

Sebagai gantinya, Pemkot Bandung pun akan menghibahkan sebidang lahan kepada UIN.

"Untuk UIN nanti ada hibah tanah seperti tukeran. Insya Allah 2016 kita mulai menggambar desainnya," ungkap Emil.

Jika terealisasi, Pemkot Bandung bakal membangun gedung-gedung dinas dengan konsep arsitektur yang mengedepankan nilai-nilai budaya Sunda. "Lebih green architecture, futuristik, tapi punya nilai-nilai kesundaan juga," akunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com