Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AHWA Tetapkan Mustofa Bisri sebagai Rais Aam PBNU

Kompas.com - 05/08/2015, 22:01 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis

JOMBANG, KOMPAS.com — Musyawarah sembilan anggota Ahlul Halli Wal Aqdi (AHWA) menetapkan KH Moh Mustofa Bisri sebagai Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama periode 2015-2020. Hasil musyawarah ini diumumkan dalam sidang pleno lanjutan penetapan Rais Aam PBNU, Rabu (5/8/2015) malam.

KH Moh Syaifullah Yusuf ditunjuk oleh anggota AHWA untuk membacakan keputusannya. Gus Ipul, sapaan Syaifullah, menyampaikan bahwa sebelum musyawarah AHWA dimulai, anggota AHWA menerima surat tertulis yang dikirim oleh KH Moh Mustofa Bisri.

Surat tersebut berisi tentang ketidaksanggupan Gus Mus untuk menjabat kembali sebagai Rais Aam PBNU untuk peridoe 2015-2020. Namun, surat tersebut dianggap sebagai bentuk akhlaqul karimah (akhlak mulia) yang tidak berambisi menduduki sebuah jabatan.

Berikut hasil musyawarah anggota AHWA yang dibacakan Gus Ipul:

"Bismillahirrohmanirrohim. Rapat anggota AHWA Muktamar NU ke-33, setelah mendengar dan mencermati, anggota menetapkan dengan berbagai pertimbangan dari KH Maimun Zubair, tetap meminta Kiai Haji Mustofa Bisri sebagai Rais Aam periode 2015-2020. Jika Kiai Haji Mustofa Bisri tidak bersedia dan tetap tidak bersedia, maka KH Ma'ruf Amin ditunjuk sebagai Wakil Rais Aam," kata Gus Ipul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com