Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar: Sukseskan Pilkada, Jaga Netralitas PNS

Kompas.com - 05/08/2015, 12:47 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melantik lima orang penjabat untuk mengisi jabatan kepala daerah yang telah habis masa jabatannya. Lima kepala daerah akan bertugas dengan masa jabatan maksimal satu tahun.

Mereka yang dilantik adalah Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tavip Supriyanto sebagai Penjabat Wali Kota Semarang, Kepala Badan Koordinasi Wilayah II Jateng Suko Mardiono sebagai Penjabat Bupati Rembang, Kepala Badan Kepegawaian Daerah M Arif Irwanto sebagai Penjabat Bupati Kebumen, Asisten Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jateng Budi Wibowo menjadi Penjabat Bupati Purbalingga dan Sekretaris Daerah Surakarta Budi Suharto sebagai Penjabat Wali Kota Surakarta.

Sebelum dilantik, mereka mendengarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang pengangkatan menjadi penjabat Wali Kota dan Bupati, yang dibacakan oleh Kepala Biro Otonomi Daerah Jateng.

"Sebagai gubernur saya minta agar memfasilitasi dengan baik pemilihan Wali Kota-Wakil Wali Kota dan Bupati-Wakil Bupati serta menjaga netralitas pegawai negeri sipil," kata Ganjar, Rabu (5/8/2015).

Ganjar meminta untuk penjabat yang baru untuk bisa mendukung sekaligus mengamati proses pembangunan yang ada di masyarakat. Dia juga berpesan agar sadar terhadap segala kritik dan aspirasi masyarakat, baik melalui aspirasi di media massa maupn media sosial.

"Sekali lagi, Sukseskan pilkada. Tidak boleh ada kevakuman. Ini juga pas pembahasan anggaran, DPRD diajak rembugan, dengan cara yang baik," tegasnya.

Lima penjabat itu lantas diambil sumpahnya. Gubernur mewakili Presiden mengambil sumpah untuk ditirukan para penjabat yang dilantik.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban sebagai penjabat walikota, bupati dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD 1945 dan menjalankan UU dan peraturannya dengan setulusnya, serta berbakti pada masyarakat nusa dan bangsa," kata Ganjar lagi diikuti oleh para penjabat yang dilantik.

Setelah itu, para penjabat baru itu menandatangani berita acara pelantikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com