Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Kejar Setoran, Penarik Becak Rampok Rumah

Kompas.com - 04/08/2015, 17:24 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis


MEDAN, KOMPAS.com — Demi kejar setoran, Amril Hasibuan alias Ecek (40), warga Jalan Gaharu, Medan Timur, Kota Medan, yang sehari-hari menjadi penarik becak bermotor (betor), melakukan pencurian. Dia beraksi bersama dua rekannya, yakni Muhammad Sahdan Lubis alias Gerandong (39) dan Zulkifli alias Kifli (35), warga Glugur, Medan Timur.

Ketiga pelaku ini menggasak harta benda rumah milik Sulisna (48) di Jalan Yos Sudarso, Lingkungan IV, Lorong Sri Deli, Kelurahan Glugur Kota, Kecamatan Medan Barat, pada malam 28 Juli 2015 lalu.

Dari laporan Sulisna, Mapolsekta Medan Barat melakukan penyelidikan. Petugas meringkus Amril di kediamannya pada Senin (3/8/2015) malam. Dari penangkapan Amril, petugas pun melakukan pengembangan dan meringkus Muhammad Sahdan di rumahnya, Selasa (4/8/2015).

Kapolsekta Medan Barat Kompol Siswandi mengatakan, kedua pelaku ini memang spesialis menggasak rumah warga yang ditinggal penghuninya. Dari kedua pelaku diamankan barang bukti berupa satu buah linggis, uang sebanyak Rp 2.210.000, dan satu unit telepon genggam. Sementara itu, barang bukti 50 gram emas berada di tangan pelaku Zulkifli yang masih buron.

"Satu pelaku atas nama Zulkifli masih dalam pengejaran. Dua tersangka ini kita ringkus di kediamannya masing-masing. Keduanya memang spesialis menggasak rumah yang ditinggal penghuninya. Pelaku atas nama Amril sebelumnya pernah berkasus di Polsekta Medan Timur," kata Siswandi.

Berdasarkan pengakuan Amril, dia terpaksa mencuri demi membayar setoran betor yang disewanya.

"Terpaksalah, tiap hari aku harus ada setoran Rp 30.000, sementara pemilik becak tak mau tahu, pokoknya setoran harus ada. Makanya, nekat mencuri aku," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com