Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pimpin Upacara HUT RI di Bawah Laut, Gubernur Dilatih Menyelam

Kompas.com - 04/08/2015, 11:35 WIB

AMBON, KOMPAS.com
- Gubernur Maluku, Said Assagaff, akan memimpin upacara perayaan HUT ke-70 RI di bawah laut, Senin (17/8/2015). Upacara akan digelar di kawasan perairan Tapal Kuda, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon. Said dijadwalkan dilatih menyelam pada hari Sabtu (8/8/2015) oleh personel Marinir.

"Tahap awal bisa berlatih di kolam renang milik Lantamal IX Ambon di Halong, Kecamatan Baguala, selanjutnya di lokasi perayaan HUT Proklamasi," ujar Zahlan Heluth dari SCTV Maluku, Selasa (4/8/2015).

Zahlan mengemukakan, momentum perayaan detik-detik Proklamasi yang merupakan program kerjasama SCTV dan Korps Marinir itu juga dimanfaatkan untuk menanam 1.000 anakan terumbu karang sebagai realisasi dari program penyelamatan terumbu karang (save coral reef).

Sebanyak 1.000 anak terumbu karang itu merupakan bagian dari aksi penanaman satu juta terumbu karang akan dimulai dari Sabang sampai Merauke yang dilakukan Korps Marinir TNI AL menjelang HUT Proklamasi RI.

Rehabilitasi terumbu karang akan dilakukan di Pulau Weh Sabang, Aceh, untuk wilayah Indonesia Tengah dilakukan di Pulau Lembeh, Bitung Sulawesi Utara dan kota Ambon untuk wilayah Indonesia Timur.

Penyelamatan terumbu karang merupakan konservasi lingkungan sekaligus bina potensi maritim TNI AL dilakukan serentak pada 16 Agustus mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com