Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Perseorangan di Pilkada Ogan Ilir Digugat

Kompas.com - 03/08/2015, 18:47 WIB
Kontributor Palembang, Amriza Nursatria

Penulis

OGAN ILIR, KOMPAS.com - Puluhan orang dari Gerakan Pemuda dan Mahasiswa Ogan Ilir Peduli Pilkada Bersih mendatangi sekretariat KPUD dan Panwaslih Ogan Ilir Sumatera Selatan, di jalintim Palembang-Ogan Ilir  km 35, Senin (3/8/2015).

Kedatangan puluhan orang tersebut tersebut  guna mendesak KPUD dan Panwaslih Ogan Ilir membatalkan pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan, Sobli Rozali dan Taufik Toha.

Koordinator aksi, Sobirin mengatakan, surat dukungan kepada pasangan calon Sobli Rozali dan Taufik Toha yang diserahkan ke KPU Ogan ilir dibubuhi banyak tanda tangan palsu.  Tidak hanya itu, kartu tanda penduduk (KTP) sebagai syarat dukungan yang dikumpulkan oleh pasangan ini juga tanpa persetujuan sang pemilik.

“Kedatangan kami untuk meminta pencalonan pasangan Sobli Toha dan Taufik Toha dibatalkan bukan tanpa dasar. Kami telah melakukan investigasi di beberapa kecamatan seperti Kecamatan Pemulutan dan Kecamatan Kandis. Terbukti memang ada temuan pemalsuan surat dukungan, hari ini kami menyerahkan bukti 18 lembar surat dukungan palsu tersebut," tegas Sobirin

Menanggapai tuntutan pengunjuk rasa tersebut, Ketua Panwaslih Ogan Ilir Saiful Bahri  mengatakan akan menganalisa surat dukungan dan KTP yang sudah diserahkan. Selain itu akan dilakukan verifikasi ulang secara langsung kepada pemberi dukungan atau pemilik KTP dukungan.

“Perlu dilakukan analisis datanya seperti apa, kemudian apakah orang yang menyatakan tidak mendukung itu membuat surat pernyataan, itu juga belum kami periksa.  Jika semua sudah diperiksa maka barulah dilakukan verifikasi kepada yang bersangkutan untuk memastikan kebenarannya,” jelas Saiful  Bahri

Saiful Bahri sendiri menegaskan bahwa Panwaslu tidak akan segan akan mendiskualifikasi pasangan dimaksud jika memang nanti ditemukan pemalsuan surat dukungan.

Seperti ketahui suhu politik di Kabupaten Ogan Ilir mulai memanas psca-pendaftaran calon bupati dan wakil bupati  minggu lalu. Terdapat tiga pasangan calon yang mendaftar masing, masing presenter kondang Helmy Yahya berpasangan dengan anak wakil gubernur Sumsel, Muchendi Mahrzeki.

Lalu pasangan AW Noviadi yang merupakan anak bupati Ogan Ilir petahana, Mawardi Yahya berpasangan dengan politisi PDI-P Ilyas Panji Alam.

Terakhir  Paman dari AW Noviadi atau saudara ipar bupati petahana Sobli Rozali berpasangan dengan dekan Fakultas Teknik Unsri Prof  DR  M Taufik Toha  DEA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com