Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Kemarau, Empat Hektar Lahan di Bogor Terbakar

Kompas.com - 03/08/2015, 17:09 WIB
Kontributor Bogor, Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com — Sepanjang musim kemarau ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mencatat telah terjadi tiga kasus kebakaran lahan. Lahan-lahan yang terbakar itu terletak di tiga kecamatan, yakni Sukajaya, Tenjolaya, dan Rumpin.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bogor Budi Aksomo menduga, kebakaran lahan terjadi akibat puntung rokok yang dibuang sembarangan.

"Kasus itu kami duga diakibatkan dari kelalaian manusia dengan membuang puntung rokok di sembarang tempat sehingga mengakibatkan kebakaran lahan," ucap Budi di ruang kerjanya, Senin (3/8/2015).

Budi menambahkan, kasus kebakaran lahan yang terjadi saat ini adalah untuk pertama kalinya. Pasalnya, pada musim kemarau tahun-tahun sebelumnya, tidak pernah terjadi kebakaran lahan.

"Total luas lahan yang terbakar mencapai empat hektar, namun tidak sampai memakan korban jiwa. Tapi, kasus kebakaran lahan ini adalah pertama kalinya," katanya.

Beruntungnya, lanjut Budi, wilayah Bogor dalam beberapa hari terakhir ini telah diguyur hujan sehingga kejadian lahan yang terbakar bisa diminimalisasi.

"Meski begitu, kami tetap memantau dan mengawasi karena prediksi BMKG wilayah Bogor masih kemarau," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com