Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Berwarna Putih dan Puting Beliung Landa 2 Desa di Aceh Besar

Kompas.com - 03/08/2015, 02:51 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis


ACEH BESAR, KOMPAS.com
 - Dua desa di Kecamatan Kuta Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar dilanda angin puting beliung, disusul hujan menyerupai es pada Minggu (2/8/2015). Sejumlah rumah dengan konstruksi papan dan beratap seng ambruk hingga menyebabkan warga setempat panik dan berlari berupaya menyelamatkan diri ke tempat yang dianggap aman.

Desa yang dilanda bencana tersebut adalah Desa Lamsie dan Desa Lam Aling. Menurut warga setempat, kejadian tersebut hanya berlangsung selama 15 menit dan mengakibatkan puluhan pohon tumbang, 16 rumah rusak ringan dan sedang serta 4 rumah rata dengan tanah.

Warga mulanya mengira hanya hujan dan angin biasa. Namun tiba-tiba ada suara benturan keras di atas atap rumah yang kemudian diketahui hujan yang mirip serbuk batu es.

"Saat itu saya lagi duduk di depan rumah, terus saya mengira hujan biasa, tapi tiba-tiba ada angin kencang dan turun hujan warna putih," kata Abdul (30) seorang warga yang rumahnya ambruk rata dengan tanahnya, Minggu (2/8/2015).

Awalnya, Abdul mengaku bertahan dan berlindung di rumah miliknya. Akan tetapi berselang beberapa menit kondisinya semakin mengkhawatirkan. Sehingga ia berinisiatif menyelamatkan anak-anaknya ke rumah tetangga.

"Karena kondisinya tidak memungkinkan lagi, saya menyelamatkan diri ke rumah tetangga dan tak berselang lama rumah sayapun ambruk," ujarnya.

Senada dengan itu, kepala Desa Lamsie, Mundasir mengaku kejadian seperti itu baru pertama kali terjadi. Saat kejadian seluruh warganya panik, ketakutan dan masing-masing menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman.

"Ini baru pertama kali terjadi, jadi semua panik karena suara atap rumah yang terdiri dari seng, terdengar sangat keras, persis seperti dilempar batu es," kata Mundasir.

Saat ini, Mundasir mengaku tengah melakukan pendataan rumah dan sejumlah fasilitas lainnya yang mengalami kerusakan. Atas kejadian ini, Mundasir mengaku sudah melaporkan pada pihak Camat setempat.

"Sudah saya laporkan pada Camat, nanti Camat akan melaporkan pada BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan Dinas Sosial," ungkapnya.

Sementara itu Camat Kecamatan Kuta Cot Glie, Tajuddin mengaku sudah membuat laporan kejadian ini pada pihak BPBD dan Dinas Sosial Kabupaten Aceh Besar. Nantinya Dinas Sosial akan memberikan bantuan tanggap darurat bagi warga yang membutuhkan.

"Yang rumah rusak atau roboh kita akan usahakan bantuan tenda untuk berteduh sementara, termasuk akan menyalurkan bantuan makanan seperti beras dan lainnya. Kejadian ini sudah kami laporkan kepada camat dan BPBD,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com