Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aher: Jatigede Sudah Dibangun Susah Payah, Masa Penggenangannya Enggak Jadi?

Kompas.com - 02/08/2015, 16:54 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com
 — Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan bahwa penggenangan Waduk Jatigede di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, tidak dibatalkan, tetapi ditunda beberapa waktu menunggu instruksi dari Presiden Joko Widodo. Ia memastikan bahwa penggenangan waduk itu pasti akan dilakukan.

"Jatigede sudah dibangun susah payah, masa penggenangannya enggak jadi? Penggenangan Jatigede jadi, tidak dibatalkan, tetap jadi. Kita tunggu instruksi dari pemerintah pusat karena Presiden Jokowi yang akan meresmikan," kata Aher, sapaannya, kepada wartawan seusai membuka Prakongres Persatuan Alumni (PA) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) di Hotel Savoy Homan, Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat, Minggu, (2/8/2015).

Penggenangan Jatigede sedianya dilakukan pada Sabtu (1/8/2015) kemarin. Namun, karena belum ada instruksi dari pemerintah pusat, rencana itu ditunda karena Jawa Barat sedang mengalami kekeringan yang diakibatkan musim kemarau. (Baca Wapres Tegaskan Musim Kering Tak Hambat Rencana Pengairan Waduk Jatigede)

Penggenangan itu juga terkendala oleh persoalan pembayaran ganti rugi kepada warga karena harus menunggu keputusan pengadilan tentang ahli waris yang berhak mendapatkannya. (Baca Minta Penggenangan Jatigede Dibatalkan, Sesepuh Sunda Surati Jokowi)

Aher menyatakan, penggenangan akan dilakukan bulan ini. "Agustus ini penggenangannya, enggak tahu tanggal berapa, enggak tahu pertengahan Agustus atau di akhir Agustus. Yang pasti penggenangan (Jatigede) jadi, kita tunggu Presiden," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com