Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPBD: Aktivitas Gunung Raung Cenderung Menurun

Kompas.com - 01/08/2015, 17:04 WIB


JEMBER, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember, Jawa Timur, menerima informasi dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung bahwa aktivitas gunung yang memiliki ketinggian 3.332 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu cenderung menurun.

"Data yang kami terima mencatat letusan Gunung Raung masih terjadi dengan energi fluktuatif yang kecenderungannya menurun," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember, Heru Widagdo di Jember, Sabtu (1/8/2015), seperti dikutip Antara.

Laporan aktivitas Gunung Raung pada Sabtu pukul 06.00-12.00 WIB, tercatat secara visual cuaca terang, angin tenang, tampak asap putih hingga kelabu sedang tekanan lemah setinggi 200-400 meter condong ke arah utara.

Kemudian secara seismik, terekam tremor vulkanik atau letusan menerus dengan energi yang fluktuatif cenderung menurun, dengan amplitudo 3-32 milimeter yang didominasi amplitudo 20 milimeter dan status Gunung Raung masih saga.

"Aktivitas tremornya cenderung menurun selama tiga hari terakhir. Namun kami tetap siaga memantau perkembangan aktivitas gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi," tuturnya.

Penurunan aktivitas gunung itu juga ditandai dengan asap solfatara yang keluar dari kawah didominasi warna putih yang mengarah ke utara. Padahal sebelumnya asap berwarna kelabu pekat.

"Perlahan-lahan abu vulkanis yang turun di Jember mulai berkurang, bahkan di beberapa kecamatan sudah melaporkan tidak ada abu vulkanis karena arah angin condong ke utara," katanya.

Meskipun mengalami penurunan tremor, Heru mengatakan, status Gunung Raung masih berada di Level III atau siaga. Masyarakat dan pendaki masih dilarang mendekati kawah yang ada di puncak gunung dalam radius 3 kilometer dari pusat kawah aktif yang merupakan batas zona aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com