Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Kebakaran dalam 12 Jam

Kompas.com - 01/08/2015, 14:00 WIB
Kontributor Balikpapan, Dani Julius

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Kebakaran terjadi di tiga wilayah di Balikpapan, Kalimantan Timur, dalam 12 jam terakhir. Setidaknya 20 rumah rusak berat dan hangus terbakar.

Sementara, sektiar 100 orang dari 35 kepala keluarga kehilangan tempat tinggal. Mereka terpaksa menginap di tempat-tempat penampungan yang dibangun sementara oleh pemerintah kelurahan setempat.

"Musim panas dan angin selatan yang kencang seperti ini membuat api cepat merambat. Tiga titik ini, dua titik masing-masing satu rumah. Yang ke-3 sampai belasan rumah," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan, Suseno, Sabtu (1/8/2015).

Dari tigak kejadian itu, kebakaran terbesar adalah yang terjadi di Gang Rohani RT 50, 51 dan 53 Kelurahan Karangrejo Balikpapan bagian Api membakar rumah warga saat mereka masih terlelap sekitar pukul 03.30. Baca: Diduga Akibat Korsleting, 17 Rumah Hangus Terbakar .

Empat jam sebelumnya, sekitar pukul 24.00 kebakaran juga terjadi di sebuah rumah di Perumahan Bangun Reksa, Kelurahan Graha Indah, sekitar enam kilometer dari Kota Balikpapan. Api hanya menghanguskan sebagian kecil sisi bangunan, tidak merambah ke rumah-rumah yang lain. 

Warga juga dikejutkan oleh kebakaran di Karangjati, Kelurahan Pandan Arum, Jumat (31/7/2015) pukul 22.00. Api tidak sempat membesar, hanya membakar sebagian kecil bagian rumah. 

Menurut Suseno, regu pemadam kebakaran dibuat repot karena kebakaran terjadi beruntun dalam semalam denga jarak berjauhan. 

"Kali ini masih bisa diatasi dengan baik pemadam di lapangan. Tapi kalau lebih banyak lagi dalam waktu singkat tentu akan kerepotan sekali kita," kata Suseno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com