Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Tak Netral, Sekda Simalungun Diperiksa Panwas

Kompas.com - 01/08/2015, 01:16 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

SIMALUNGUN, KOMPAS.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Simalungun, Gideon Purba, dan Asisten I Lurinim Purba diperiksa Panwas Simalungun karena diduga tidak netral sebagai PNS, Jumat (31/7/2015). Gideon dan Lurinim diduga ikut menghantar calon bupati JR Saragih saat mendaftar ke KPU Simalungun, Senin (27/7/2015) lalu dan pemeriksaan kesehatan pasangan calon di RSUD dr Djasamen Saragih Pematangsiantar, Kamis (30/7/2015).

Gideon dan Lurinim hadir di kantor Panwas di Griya Siantar Jalan Asahan. Keduanya diperiksa sekitar pukul 15.30 WIB dan baru selesai pukul 18.00 WIB.

“Ada 11 pertanyaan yang dilayangkan terhadap dua pejabat tersebut, terkait dugaan ketidaknetralan mereka dalam proses dan tahapan Pilkada di Kabupaten Simalungun,” kata Ketua Panwaslu Kabupaten Simalungun Ulamatuah Saragih, Jumat.

Ulamatuah menjelaskan, saat diperiksa, Sekda mengaku tidak ada pengarahan kepada PNS untuk ikut ketika pendaftaran pasangan JR Saragih-Amran Sinaga.

“Sekda berdalih, kehadiran pihaknya dan Asisten I di acara itu adalah dalam kapasitas sebagai Ketua dan Wakil Ketua Desk Pilkada untuk berkordinasi dengan KPU Simalungun,” kata Ulamatuah.

Panwas, lanjutnya, meminta agar Sekda menginstrusikan jajaran PNS di lingkungan Pemkab Simalungun menjaga netralitas dalam Pilkada Simalungun dan mengikuti imbauan Surat Edaran Menpan Nomor B/2355/M.PANRB/07/2015 tanggal 22 Juli 2015 tentang Netralitas ASN dan Larangan Penggunaan Aset Pemerintah dalam Pemilihan Kepala Daerah Serentak dan PP No 53 tahun 2010.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com