Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

21 Pasang Calon Kepala Daerah Siap Bertanding di Kalbar

Kompas.com - 29/07/2015, 15:58 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com — Sebanyak 21 pasang calon kepala daerah yang terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Barat akan mengikuti pilkada serentak pada 9 Desember mendatang. Dari 21 pasang tersebut, lima di antaranya mendaftar lewat jalur independen, sedangkan 16 pasang lainnya diusung partai politik.

Ketua KPU Kalimantan Barat Umi Rifdiyawati mengungkapkan, awalnya, ada 22 pasang calon yang mendaftar ke KPU masing-masing daerah. Namun, ada salah satu pasang calon dari Kabupaten Ketapang yang tidak bisa diterima pendaftarannya.

"Awalnya, ada 22 pasang, tetapi satu pasang gugur karena pasangan tersebut tidak memenuhi syarat pencalonan," kata Umi kepada Kompas.com melalui telepon, Rabu (29/7/2015).

Pasangan yang lolos pendaftaran di KPU di antaranya dari Kabupaten Sambas sebanyak 3 pasang, Kabupaten Bengkayang 2 pasang, Kabupaten Sekadau 4 pasang, Kabupaten Sintang 3 pasang, Kabupaten Kapuas Hulu 2 pasang, Kabupaten Melawi 2 pasang, dan Kabupaten Ketapang 5 Pasang.

Setelah pendaftaran ditutup tanggal 28 Juli 2015, berkas setiap calon akan diverifikasi dan diperbaiki oleh KPU. Jika ada yang masih kurang, pasangan calon wajib untuk melengkapinya guna melancarkan proses pencalonan tersebut.

"Jadi, kita imbau kepada setiap pasangan calon untuk segera mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan dalam perbaikan. Berhubung waktu perbaikan yang sangat singkat, diharapkan selama masa perbaikan untuk bisa mengurus segala berkas persyaratannya," kata Umi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com