Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasdem "Kibarkan Bendera Putih", Risma-Wisnu Tak Ada Lawan

Kompas.com - 29/07/2015, 10:30 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Partai Nasdem Surabaya memilih "mengibarkan bendera putih" alias tidak mengusung pasangan calon dalam pemilihan wali kota Surabaya pada akhir tahun ini. Sikap ini dipilih dengan alasan pertimbangan moral politik Partai Nasdem yang tidak akan mendukung pasangan calon "boneka".

"Daripada ikut bermain-main mendukung calon 'boneka', lebih baik Nasdem 'kibarkan bendera putih' atau tidak mendukung siapa pun," kata Ketua DPW Partai Nasdem Jatim Effendi Choirie, Rabu (29/7/2015).

Menurut mantan politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang akrab dipanggil Gus Choi ini, dalam pilwali Surabaya, partainya semula bersama PKB, Hanura, dan PPP akan mengusung pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya, Syamsul Arifin-Warsito.

Namun, dukungan Partai Nasdem mendadak dicabut dengan alasan moral politik karena pasangan tersebut tidak memiliki tujuan yang jelas dan terkesan seakan hanya menjadi boneka pihak lain yang berkepentingan.

"Ini soal integritas moral Partai Nasdem. Bagi kami, lebih baik tidak memilih daripada bertentangan dengan moral politik yang kami yakini," terangnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas.com, dengan pencabutan dukungan dari Partai Nasdem, pasangan Syamsul Arifin-Warsito pun batal mendaftar karena kurangnya dukungan kursi parlemen.

Jika koalisi ini utuh, syarat minimal 10 kursi tercukupi karena PKB memiliki lima kursi, Partai Hanura tiga kursi, PPP satu kursi, dan Partai Nasdem dua kursi. Tanpa Partai Nasdem, otomatis kursi yang dimiliki koalisi hanya sembilan.

Hingga akhir masa pendaftaran pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya, Selasa (28/7/2015) pukul 16.00 WIB, belum ada pasangan calon penantang pasangan Tri Rismaharini-Wisnu Sakti Buana.

Sesuai aturan KPU, pendaftaran ditutup sementara dan dibuka lagi pada 1-3 Agustus mendatang. Sementara itu, KPU akan memanfaatkan tanggal 29-31 Juli untuk sosialisasi pilwali Surabaya kepada masyarakat dan partai politik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com