Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kakak Beradik Bertarung pada Pilkada Bone

Kompas.com - 29/07/2015, 09:13 WIB

GORONTALO, KOMPAS.com — Kakak beradik Kilat Wartabone dan Kris Wartabone memilih "bertarung" pada ajang pemilihan kepala daerah (pilkada) di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, 9 Desember 2015 mendatang. Keduanya telah mendaftarkan diri ke KPU setempat.

Kilat Wartabone yang maju sebagai calon wakil bupati (cawabup) berpasangan dengan calon bupati (cabup) petahana Hamim Pou telah mendaftar ke KPU yang diusung Partai Amanat Nasional (PAN) dan PKPI.

Sementara Kris Wartabone sebagai cabup berpasangan dengan Tahir Badu yang diusung PDI-P dan Gerindra juga telah mendaftar ke KPU, Selasa (28/7/2015). Kedua pasangan tersebut telah mengantongi rekomendasi dukungan partai politik dengan susunan kepengurusan yang sah dan memiliki syarat keterwakilan di lembaga legislatif.

"Wartabone adalah keluarga politisi, tentunya akan saling menghargai satu sama lain, tapi bisa dilihat sendiri, Kris-Tahir berada di tengah-tengah dukungan masyarakat," ujar Kris yang juga Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Rabu (29/7/2015).

Adi, salah satu warga Bone Bolango, mengaku melihat kedua calon itu bukan dari hubungan keluarga, melainkan siapa yang mampu bekerja profesional untuk kepentingan rakyat dan daerah. "Nanti kita lihat saja siapa yang benar-benar membuktikan janjinya," kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, KPU Kabupaten Bone Bolango hingga hari terakhir pendaftaran telah menerima enam berkas pendaftaran cabup/cawabup untuk ikut pilkada serentak 9 Desember 2015.

Ketua KPU Bone Bolango Darwis Hasan menjelaskan bahwa terkait dengan kekurangan berkas syarat calon, KPU masih memberikan kesempatan perbaikan pada tanggal 4-7 Agustus 2015. "Dan nanti tanggal 24 Agustus KPU akan mengumumkan mana yang memenuhi syarat atau tidak," ucap Darwis.

Enam pasang calon tersebut yaitu dua pasang calon dari perseorangan, yaitu Syamsir Djafar Kiayi-Husain Lamanasa dan Ruwaida Mile-Benjamin Hadju. Kemudian dari partai politik ada Hamim Pou-Kilat Wartabone, Indrawanto Hasan-Ahmad Tahidji, Azan Piola-Syamsu Botutihe, dan Kris Wartabone-Tahir Badu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com