Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Jember Diikuti Dua Pasangan Cabup-Cawabup

Kompas.com - 28/07/2015, 20:26 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Jember, Jawa Timur, hanya diikuti oleh dua kontestan saja. Dua kontestan itu adalah pasangan Sugiarto- Mochammad Dwi Koryanto yang diusung enam partai politik, dan pasangan Faida-Abdul Muqit Arief yang diusung empat partai politik.

“Bisa kami pastikan, Pilkada Jember akan diikuti oleh dua pasangan calon, yang telah mendaftar. Sebab, jumlah kursi di DPRD Jember sebanyak 50 kursi sudah habis dibagi untuk kedua pasangan,” ucap Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember, Achmad Anis, Selasa (28/7/2015).

Pasangan Sugiarto-Mochammad Dwi Koryanto diusung oleh Partai Gerindra, PKB, PKS, Golkar, PPP, dan Demokrat. Total 33 kursi di DPRD Jember yang mendukung pasangan tersebut. Sedangkan pasangan Faida-Abdul Muqit Arief diusung oleh PDI Perjuangan, Nasdem, Hanura, dan PAN, atau total 17 kursi di DPRD Jember.

“Kalau untuk calon perseorangan sudah dipastikan tidak ada. Sebab, tidak ada yang lolos saat masa pendaftaran beberapa waktu yang lalu,” tutur Anis.

Saat ini, KPU Jember akan melakukan penelitian berkas- berkas milik para pasangan calon yang telah diserahkan saat pendaftaran.

“Nanti kita akan lihat, apakah ada berkas yang kurang atau tidak. Sebab, sesuai tahapan, masih ada waktu untuk perbaikan berkas,” kata Anis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com