Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Balikpapan Diramaikan 2 Pasangan dari Independen dan 3 dari Partai

Kompas.com - 28/07/2015, 19:19 WIB
Kontributor Balikpapan, Dani Julius

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com – Pemilihan kepala daerah di Balikpapan, Kalimantan Timur, bakal semarak. Pasalnya, hingga terakhir masa pendaftaran, terdapat dua pasang dari jalur independen dan tiga pasang dari jalur partai politik.

“Kami semula memperkirakan akan ada dua pasangan dari independen dan empat dari jalur partai. Kami telah memprediksi dari waktu lalu atas kegairahan Pilkada di Balikpapan,” kata Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha, Selasa (28/7/2015).

Selama tiga hari masa pendaftaran, yakni dari 26-28 Juli 2015, antusias peserta pilkada cukup besar. Hari terakhir saja, dua pasang calon datang nyaris berbarengan. Polisi pun dikerahkan menjaga ketat kantor KPUD hari ini.

Datang lebih dulu, Heru Bambang menggandeng kader Partai Gerindra, Sirajudin Machmud, tiba pukul 14.30 sebagai calon keempat yang mendaftar ke KPUD. Heru-Sirajudin ditemani ketua DPC Partai Gerindra, Ruslan Aliansyah serta Plt ketua DPD PKS Balikpapan, Syukri Wahid.

Tiba dengan tampilan sederhana kemeja putih serta kopiah, keduanya jalan kaki sekitar setengah kilometer dari kawasan yang disebut Banua Patra. Reog Jawa Timuran hingga barongsai serta ratusan pendukungnya mengiringi Heru dan Sirajuddin.

“PR pemerintah periode sekarang sangat banyak yang belum bisa diwujudkan,” kata Heru yang juga wakil wali kota Balikpapan saat ini.

Setengah jam kemudian, pasangan Andi Burhanuddin Solong-Abdul Hakim Rauf (ABS-Hakim) mendaftar ke KPU Balikpapan. ABS-Hakim tiba dengan didampingi oleh petinggi dari dua kubu Partai Golkar. Kedatangan pasangan yang diusung Partai Golkar ini tiba dan menghentikan keraguan banyak pihak akan dukungan partai yang masih terpecah menjadi dua. Andi, yang juga anggota DPRD Kaltim dari Golkar, mengaku telah mengantongi restu dari kedua kubu Golkar. “Kami sudah menerima surat dukungan dari keduanya,” kata Andi.

Sementara itu, petahana Rizal Effendi-Rahmad Mas'ud (RR) mendaftar sehari sebelumnya, Senin (27/7/2015). RR klaim didukung PDI-P, PPP, Demokrat, dan Nasdem. Sedangkan dua calon peserta dari jalur independen mendaftar di hari pertama pencalonan, Minggu (26/7/2017). Pasangan itu di antaranya Achdian Noor dan Abriantinus merupakan duo pengusaha muda di Balikpapan. Keduanya mengaku didukung kelompok masyarakat dengan basis masyarakat lokal, pendatang, kaum intelektual, pengusaha muda, hingga agama.

Selain Achdian-Abriantinus, pasangan lain, Abdul Hakim-Wahidah datang mendaftar dari jalur independen. “Semua masih dalam tahap verifikasi hingga tanggal 24 Agustus nanti kita umumkan siapa calon yang lolos untuk ikuti pilkada,” kata Thoha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com