Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Satu Pasangan yang Mendaftar di Surabaya, Pacitan dan Blitar

Kompas.com - 28/07/2015, 16:43 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI, KOMPAS.com - Pilkada ketiga kabupaten kota di Jawa Timur yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Blitar terancam tertunda hingga Februari 2017, karena baru satu pasangan yang mendaftarkan diri di KPU setempat. Hal tersebut diungkapkan Sri Sugeng Pujiatmiko, Banwaslu Provinsi Jawa Timur, Selasa (28/7/2015).

"Sampai hari ini, jam 15.30 WIB, baru satu pasangan yang mendaftar di Surabaya, Pacitan dan Kabupaten Blitar. Jika hanya satu maka pendaftaran akan diperpanjang," ujar Sri Sugeng.

Namun, jika sampai tanggal 7 Agustus masih tetap satu pasangan yang mendaftar, maka pilkada ketiga kabupaten kota tersebut akan ditunda hingga Februari 2017.

"Untuk 16 kota kabupaten yang lainnya pendaftar lebih dari satu pasangan. Jadi tidak ada masalah" ucapnya.

Dia juga menambahkan, pasangan yang mendaftar pada ketiga kota kabupaten tersebut semuanya berasal dari incumbent. Selain itu, satu pasangan calon di Kabupaten Blitar baru mendaftar pada hari ini.

"Jika sampai tanggal 7 Agustus hanya satu pasangan maka pilkada di tunda hingga 2017 dan saya mendapatkan kabar jika Mendagri tidak akan mengeluarkan perpu baru untuk mengganti. Ini kami masih terus berkoordinasi," kata Sri Sugeng.

Dia mengatakan, waktu pendaftaran pilkada sudah cukup dan dia mengira faktor intern partai yang membuat beberapa kota kabupaten hanya satu pasangan pendaftar.

"Ada beberapa dualisme kepengurusan partai. Selain itu mungkin juga di sebabkan karena pilkada yang di selenggerakan serentak. Untuk Jawa Timur saja ada 19 kota kabupaten yang pilkada serentak," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com