Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diterpa Hujan, Museum di Pontianak Nyaris Ambruk

Kompas.com - 27/07/2015, 22:53 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Sebuah bangunan museum nyaris ambruk saat hujan deras mengguyur kota Pontianak, Senin (27/7/2015) sore. Berdasarkan informasi yang dihimpun, bangunan tua yang terletak di Jalan Tanjungpura, Pontianak, Kalbar ini sudah berusia 59 tahun.

Ketua harian Lembaga Pelestari Sejarah Budaya yang juga pengelola museum, Saparudin Usman menjelaskan, bagian atap dan kanopi bangunan sudah tak kuat menahan beban air hujan yang tertampung saat kejadian. Di antara derasnya suara hujan, masih terdengar bunyi retakan asbes dan kayu dari bagian atap lantai tiga bangunan tua tersebut.

"Ini sudah terjadi untuk yang kedua kalinya. Museum ini menyimpan benda pusaka maupun pustaka, dan usia bangunan sudah 59 tahun" kata Saparudin dari lokasi kejadian, Senin (27/7/2015).

Berdasarkan pantauan Kompas.com, bentuk bangunan tua tersebut terlihat rusak di bagian depan atapnya. Kayu penahan terlihat menggantung. Suasana usai kejadian pun sempat menjadi pusat perhatian warga yang melintas.

Sebuah mobil pemadam kebakaran milik Yayasan Panca Bakti disiagakan untuk membantu membongkar bagian atap bangunan tersebut. Sejumlah personel Tagana dan kepolisian juga terlihat berkoordinasi sembari berkomunikasi via telfon dengan pihak PLN.

"Rekan dari Panca Bakti sudah siap untuk membantu membongkar bagian yang rawan. Tapi ini masih menunggu pemadaman listrik dari PLN untuk menghindari adanya korban ketika pembongkaran berlangsung" ujar Saparudin.

Listrik baru dipadamkan pihak PLN jelang maghrib. Dari kejadian tersebut, ruang bangunan di lantai tiga mengalami kerusakan cukup. Sejumlah benda bersejarah yang disimpan di situ pun mengalami kerusakan.

"Kami berharap adanya kepedulian dari pihak terkait. Bangunan bersejarah ini semakin memprihatinkan kondisinya. Bangunan ini sudah sering dilihat, tapi belum mendapat perhatian serius. " kata Saparudin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com