Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Kaki dengan Pakaian Adat, Calon Petahana Daftar ke KPU

Kompas.com - 27/07/2015, 20:09 WIB
Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere

Penulis


KEFAMENANU, KOMPAS.com - Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Petahana Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), Raymundus Sau Fernandes dan Aloysius Kobes, resmi mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Senin (27/7/2015).

Saat mendaftar, keduanya yang tampil dengan balutan busana adat khas TTU, diantar oleh ribuan massa pendukung dengan berjalan kaki, dari Sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten TTU, di Kelurahan Maubeli, Kecamatan Kota Kefamenanu, TTU.

Pendaftaran calon petahana yang dikenal dengan sandi Dubes Jilid II tersebut disambut dengan tutur adat oleh tokoh adat dan diterima oleh ketua KPU TTU, Felix Bere Nahak beserta empat orang komisioner KPU.

Ketua KPU TTU Felix Bere Nahak mengucapkan terima kasih kepada paket Dubes Jilid II karena telah datang tepat waktu untuk mendaftar.

“Suatu kebanggaan buat kami untuk Dubes Jilid II, bahwa tidak datang pada waktu injuri time. Artinya tidak membuat KPU kelimpungan. Saya ucapkan terima kasih yang berlimpah kepada bapak Ray (Raymundus Sau Fernandes) dan Alo (Aloysius Kobes), beserta ibu dan tim pemenangan. Sesuai jadwal tanggal 28 Juli sekitar pukul 16.00 Wita itu batas akhir pendaftaran calon. Calon bupati dan wakil bupati diharapkan pada tanggal 29 Juli pukul 24.00 diwajibkan untuk berpuasa,” kata Felix.

Sementara itu, Divisi Pencalonan KPU TTU, Fidelis Olin mengatakan, jadwal 28 Juli sampai 3 Agustus 2015, adalah verifikasi administrasi calon. Hasil verifikasi, akan disampaikan pada 3 sampai 4 Agustus, kemudian masa perbaikan 4 sampai 7 Agustus dan penetapan calon 24 Agustus.

“Selanjutnya pemeriksaan kesehatan di RSU MGR Gabriel Manek, Atambua Kabupaten Belu 30 Juli. Diharapkan kepada para calon, agar dalam waktu dekat ini, jangan meninggalkan TTU. Hari ini, kami akan memeriksa kelengkapan administrasi. Soal ada atau tidak adanya kelengkapan pemeriksaan model B, yang diperiksa lengkap pada proses pendaftaran ini, syarat-syarat lain akan dilakukan pada proses verifikasi,” ungkap Fidelis.

Setelah kedua komisioner itu memberikan sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan dokumen tanda terima dari ketua KPU kepada Dubes jilid II yang disaksikan oleh Ketua Panwaslu TTU. Dubes jilid II bersama massa pendukung, kemudian meninggalkan kantor KPU TTU dengan berjalan kaki kembali menuju kantor sekretariat DPC PDIP TTU.

Sebelum mendaftar ke KPU, massa pendukung dan simpatisan Dubes Jilid II yang berjumlah sekitar 10.000 orang, dengan menggunakan 500 unit sepeda motor, 74 unit kendaraan roda empat, 197 kendaraan roda enam, melakukan konvoi kendaraan dengan rute lapangan Oemanu, Kenari, Kampung Famili, Rumah Jabatan Bupati TTU, Tugu HKSN, Perempatan Tulip, Perempatan Terminal dan berakhir di Sekretariat DPC PDIP TTU. Saat tiba di sekretariat DPC PDIP TTU, acara deklarasi paket Dubes Jilid II pun langsung digelar.

Acara deklarasi dipimpin oleh Sekretaris DPD Provinsi NTT, Nelson Matara dan anggota dua anggota DPRD Provinsi dari Fraksi PDIP yakni Dolvianus Kolo dan Hironimus Banafanu serta sejumlah anggota DPRD kabupaten TTU.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com