Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-Insiden, Kapolres Tolikara Dicopot

Kompas.com - 27/07/2015, 14:15 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com
- Pasca-insiden di Karubaga, Kabupaten Tolikara, 17 Juli lalu, Kapolres Tolikara AKBP Suroso dicopot dari jabatannya. Posisinya digantikan oleh AKBP Musa Korwa.

Serah terima jabatan yang berlangsung di Aula Rastra Samara Polda Papua di Jayapura dipimpin Wakapolda Papua Brigjen Pol Rudolf Roja dengan disaksikan sejumlah pejabat di lingkungan Polda Papua.

Wakapolda Papua Brigjen Pol Rudolf Roja menegaskan, Suroso tidak dicopot melainkan diganti karena pimpinan akan menugaskan yang bersangkutan di bagian inspektorat Polda Papua.

"AKBP Suroso tidak gagal dalam melaksanakan tugas sehingga dipercayakan menduduki jabatan baru," kata Roja seusai memimpin sertijab.

Insiden di Kabupaten Tolikara mengakibatkan puluhan bangunan kios terbakar, termasuk Masjid Baitul Muttaqin. Saat itu, ada dua acara yang dilaksanakan secara berdekatan. Selain perayaan Lebaran yang ditandai dengan shalat Idul Fitri, ada pula pertemuan pemuka gereja.

Polisi melepaskan tembakan ke udara untuk membubarkan massa, tetapi massa tidak menggubris. Polisi kemudian melepaskan tembakan ke tanah. Satu orang meninggal dunia dan 11 lainnya luka-luka dalam insiden itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com