Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Rendra-Sanusi Diarak Becak, Ontel, dan Harley Davidson

Kompas.com - 27/07/2015, 12:49 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Pasangan H Rendra Kresna-HM Sanusi, yang diusung tujuh partai politik resmi mendaftar ke KPU Kabupaten Malang. Usai mendaftar keduanya diarak dengan ratusan becak, komunitas gowes, sepeda onthel dan Harley Davidson menuju lokasi deklarasi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

Adapun tujuh parpol pengusung pasangan ini adalah Partai Golkar, PKB, Partai Nasdem, Partai Gerindra, PPP, PKS dan Partai Demokrat. Pasangan Rendra-Sanusi mendaftar ke KPU pada pukul 09.30 WIB, Senin (27/7/2015).

"Seluruh berkas akan kami verifikasi dulu. Jika ada kekurangan berkas akan disampaikan kepeda tim pemenangan," tegas Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko, saat menerima pendaftaran pasangan pasangan calon Rendra-Sanusi.

Sebelum diarak, pasangan ini  terlebih dahulu melakukan prosesi pecah kendi, sejalan dengan budaya Jawa. "Kita tak bisa melewatkan ritual budaya Jawa. Kedua pasangan akan menjalani pecah kendi sebelum diarak naik becak ke lokasi deklarasi," ujar Ketua DPC Partai Nasdem, Kresna Dewanata Prosakh.

Terlihat hadir Ketua DPW PKB Jawa Timur Abdul Halim Iskandar, Ketua DPW Jatim Effendi Chori, dan Ketua DPD Partai Golkar Jatim Hadiri Sudiono, serta sejumlah engurus lainnya.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, diperkirakan deklarasi pasangan ini dihadiri puluhan ribu pendukung dan simpatisan.

Dalam sambutannya, Rendra mengaku, dia dan Sanusi, siap untuk kembali memimpin Kabupaten Malang lebih baik dan sejahtera. "Masyarakat Kabupaten Malang harus sejahtera. Pembangunannya harus terus ditingkatkan menjadi lebih baik. Kami mengucapkan terima kasih kepada tujuh parpol pendukung. Semoga apa yang ditargetkan sukses," kata dia.

Ditemui usai acara deklarasi, Rendra mengaku optimistis akan meraih 80 persen suara. "Hal itu dilihat dari dukungan para pilkada sebelumnya yang mampu meraih 60 persen suara. Saya yakin tujuh partai akan solid dan siap memenangkan kami," kata dia.

Sementara itu, menurut Ketua DPW PKB Jawa Timur Abdul Halim Iskandar, sosok Rendra-Sanusi layak didukung dan kembali memipin Kabupaten Malang. "Karena mereka sudah berpengalaman. Jangan salah pilih. Pilihlah calon yang sudah teruji dan perpengalaman. Supaya bisa melanjutkan program yang sudah dijalankan dengan baik dan benar," kata dia.

Sementara itu, Ketua Tim pemenangan pasangan Rendra-Sanusi, Choirul Anam mengatakan, dalam pendaftaran ke KPU dan deklarasi, mereka mengerahkan kurang lebih 15.000 pendukung dan simpatisan pasangan calon. "Kita kerahkan dari komunitas sepeda onthel, gowes, Harley Davidson dan pasukan Sakera. Ini bukti dukungan ke pasangan Rendra-Sanusi cukup luar biasa. Kami optimis akan menang di Pilkada 9 Desember mendatang," kata dia.

Sejauh ini, para pasangan calon yang sudah resmi diusulkan oleh partai, adalah pasangan Rendra Kresna-Sanusi, pasangan Dewanti Rumpoko-Masrifah, yang diusung oleh PDI Perjuangan dan calon independen, Nurcholis-Muhammad Mufid. Pasangan independen sudah mendaftar ke KPU pada Minggu (26/7/2015). Sementara pasangan Dewanti-Masrifah rencananya akan mendaftar pada Senin (27/7/2015) siang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com