Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kodim Sediakan Bakso dan Siomay Gratis untuk Warga, 10 Menit Ludes

Kompas.com - 27/07/2015, 10:28 WIB
Kontributor Brebes, Ari Himawan Sarono

Penulis

BREBES, KOMPAS.com - Puluhan pedagang Pasar Induk Brebes, Jawa Tengah, Senin (27/7/2015) pagi, menyerbu Markas Komando Distrik Militer (Kodim) 0713 Brebes untuk bersalaman dengan para anggota TNI. Kedatangan mereka tidak diundang oleh para anggota TNI karena memang komplek pasar berdekatan dengan Kodim 0713 Brebes.

"Katanya halal bihalal selain untuk para tentara juga pedagang di sekitar pasar juga boleh ikut, jadi ya ke sini mumpung masih suasana lebaran," kata Nuraeni (39), pedagang bawang merah.

Selain karena momen lebaran, warga mengaku datang untuk sekaligus berterima kasih lantaran selama ini anggota TNI juga sering ikut menjaga ketertiban dan keamanan di pasar. Warga semakin banyak ketika sejumlah jenis makanan seperti bakso dan siomay yang semula sedianya untuk para anggota TNI dipersilakan untuk disantap oleh warga.

Mereka rela berdesakan demi makan bakso dan siomay gratis, karena takut tidak kebagian. Bakso dan siomay pun habis dalam waktu 10 menit, karena banyaknya warga yang berebut. "Enggak nyangka habis salaman dapat makanan gratis juga," tambah Nuraeni sambil melebarkan senyumnya.

Sementara Komandan Kodim 0713 Letkol Inf Efdal Nazra mengungkapkan, memang selain diundang, kadang masyarakat dan pedagang pasar datang ketika Kodim menyelenggarakan acara seperti halal bihalal. Hal tersebut membuktikan bahwa selama ini terbangun kedekatan antara TNI dan warganya.

"Kami dekat dengan warga seperti urat leher dengan manusia, sebetulnya kekuatan kami ada pada di masyarakat. Jadi kami harus bersatu dengan masyarakat sehingga persatuan dan kesatuan semakin kuat," ungkap Efdal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com