Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama di Indonesia, Umat Buddha Peringati Asadha di Borobudur

Kompas.com - 27/07/2015, 00:51 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Pertama kali di Indonesia, umat Buddha memperingati hari raya Asadha 2559/2015 di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (26/7/2015). Setidaknya 3.000 umat dari berbagai daerah di Indonesia dan dunia mengikuti kegiatan ini.

Ritual diawali dengan puja bakti oleh sejumlah bhiksu di Candi Mendut dan Candi Pawon yang terletak tidak jauh dari kompleks Candi Borobudur. Setelah itu, mereka melakukan pembacaan paritta atau doa yang termuat dalam Tipitaka (kitab suci Buddha) di Taman Lumbini Candi Borobudur.

Selanjutnya, mereka berjalan membawa relik Buddha mengelilingi Candi Borobudur sembari berdoa. Ketua Panitia, Bhiksu Dhammakaro Thera, menjelaskan, Asadha adalah waktu pertama kali Buddha mengajarkan dharma kepada dunia. Pembacaan Tripitaka, kitab suci agama Buddha, bertujuan melestarikan ajaran-ajaran yang terkandung di dalamnya.

"Pembacaan ini perlu diulang kembali agar kita lebih memahami dan melestarikan nilai-nilai Tripitaka yang luhur," tutur Dhammakaro, Minggu sore.

Lebih lanjut pembacaan ini diharapkan dapat memberikan semangat spiritual bagi umat Buddha untuk lebih menghayati ajaran Buddha Gotama. Dengan demikian, mereka lebih bersemangat untuk menempuh jalan hidup benar menuju kebahagiaan serta memberikan sumbangan nilai dan perilaku yang humanis bagi masyarakat sekitar.

"Bagi umat Buddha, diharapkan bisa meningkatkan keyakinan terhadap Buddha. Dalam doa (paritta) terdapat energi positif yang dibutuhkan oleh semua makhluk hidup dan alam semesta sehingga menciptakan kedamaian," papar Dhammarko.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com