Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saan Mustopa Resmi Daftar Jadi Calon Bupati Karawang

Kompas.com - 26/07/2015, 17:53 WIB
Ihsanuddin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saan Mustopa dan pasangannya, Iman Sumantri, langsung mendaftarkan diri sebagai pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Kabupaten Karawang, di hari pertama pembukaan pendaftaran pilkada Serentak, Minggu (26/7/2015). Keduanya menaiki sepeda dan diiringi ribuan pendukungnya saat menuju ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karawang.

"Saya siap membangun Karawang dan Insya Allah siap menang," kata Saan. Walau merupakan anggota Partai Demokrat, Saan mendaftarkan diri sebagai calon bupati dengan dukungan dari Partai Golkar, Partai Gerindra, dan Partai Nasdem.

Massa dari ketiga partai itu berada dalam iring-iringan mengantarkan Saan Mustopa-Iman Sumantri. [Baca: Mantan Bupati Karawang Jadi Ketua Tim Sukses Saan-Iman]

Setelah berkas diperiksa, Ketua KPUD Karawang Risza Affiat menyatakan Saan-Iman telah memenuhi kelengkapan persyaratan bakal calon bupati dan wakil bupati Karawang.

Saan menjelaskan bahwa dia dilahirkan, besar, dan sampai saat ini tinggal di Karawang. Setiap hari dia melihat kondisi Karawang yang terlihat kumuh. Jika luarnya saja sudah terlihat kumuh, kata dia, tak mungkin di dalamnya baik.

"Karenanya saya terpanggil. Sebagai putra daerah, saya merasa bertanggung jawab untuk memperbaiki Karawang," ucapnya.

Saan mengaku pilihan politik yang diambilnya untuk maju sebagai calon bupati itu memiliki risiko sangat besar yakni kehilangan berbagai hal.

Pertama, seperti bunyi putusan Mahkamah Konstitusi, Saan harus mundur dari jabatannya sebagai anggota DPR RI.

Kedua, karena dia maju sebagai calon bupati tanpa direkomendasikan Partai Demokrat, ada potensi dia akan dipecat dari keanggotaan.

"Bagi saya, mundur dari anggota dewan dan yang lain, itu adalah bukti pengorbanan saya untuk mewujudkan harapan masyarakat Karawang. Anggap saja ini pengorbanan ini jadi idealisme, semangat dan motivasi saya," ujarnya.

Dia menambahkan, sebagai Kader Partai Demokrat, dia tberharap mendapat rekomendasi sebagai calon bupati. Tetapi jika rekomendasi diberi ke kader lain, dia tak mempermasalahkan.

"Toh saya sudah cukup maju dengan Golkar, Gerindra, dan Nasdem ini. Tetapi sebagai kader Demokrat, kalaupun tak dapat rekomendasi, saya berharap minimal didukung," ucapnya.

Dia optimistis ketiga partai pengusungnya akan bekerja keras dan meyakinkan warga Karawang bahwa Saan-Iman membawa harapan baru untuk memperbaiki dan memenuhi aspirasi rakyat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com