Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rem Blong di Turunan, Trailer Tabrak Sepeda Motor dan Terguling

Kompas.com - 22/07/2015, 16:57 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Sebuah truk trailer terguling setelah menabrak sebuah sepeda motor di Jl Raya Sukarno Hatta KM 24.3 tepatnya di turunan Lemahbang, Bergas, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Rabu (22/7/2015). Truk melaju kencang di turunan karena rem blong. Pembonceng sepeda motor tewas, sementara dua orang lainnya luka ringan.

"Dari atas terlihat (rem truk) blong, sudah klakson-klakson trus banting ke kiri tapi kena motor, langsung masuk parit yang ada di pinggir jalan," ungkap Dhanu (35), pemilik Warung Makan di dekat lokasi kejadian. 

Informasi yang dihimpun, truk dengan nomor polisi DK 9448 ME yang dikemudikan Lutfi (27) melaju dari arah  Bawen. Armada milik PT Dharma Putra Trans tersebut bermuatan 364 kayu palet seberat 8 ton. Saat menyusuri turunan Lemahbang, laju truk tiba-tiba menjadi tak terkendali. 


"Saya ada di lajur kanan, tiba-tiba mobil di depan mengerem sehingga saya kaget. Saya coba banting stir ke kiri supaya tidak menabrak mobil di depan, tapi di sisi kiri ada motor sehingga saya berusaha banting stir ke kiri lagi hingga masuk jurang," kata Lutfi.

Hasil olah tempat kejadian perkara diketahui sopir truk sempat berusaha mengerem. Di lokasi kejadian terdapat bekas pengereman sejauh sekitar 40 meter.

"Untuk memastikan remnya blong atau tidak, harus mendatangkan saksi ahli. Dugaan sementara sopir truk tidak bisa mengendalikan laju kendaraannya," Kasat Lantas Polres Semarang, AKP Yudha Widiatmoko. 

Sopir truk terlihat berusaha menghindari sepeda motor di depannya dengan membanting kemudi ke arah kiri. Namun, karena jarak yang terlalu dekat, dua sepeda motor, yakni Supra Fit H 2684 GL dan Astrea Prima H3556 QW yang ada di depan truk tertabrak.  

Korban tewas terjepit badan truk. Petugas mengerahkan dua crane untuk mengangkat sedikit bodi truk, sehingga tubuh korban yang tergencet bisa dievakuasi.  Korban tewas dibawa ke RS Ken Saras, sementara dua korban luka dibawa ke RSUD Ungaran.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com