Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erupsi Gunung Raung, Penerbangan ke Bali, Banyuwangi, dan Jember Dihentikan

Kompas.com - 22/07/2015, 13:32 WIB
Andri Donnal Putera

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, menuju Bandara Ngurah Rai di Bali, Bandara Blimbingsari di Banyuwangi, dan Bandara Noto Hadinegoro di Jember, kembali ditutup sejak pukul 12.00 WIB, Rabu (22/7/2015).

Penghentian penerbangan akibat meningkatkan kembali penyebaran abu vulkanik dari Gunung Raung, Jawa Timur. "Semua penerbangan ke Bali, Banyuwangi, dan Jember ditutup sampai jam 18.00 WIB," kata Petugas Office in Charge (OIC) Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta Slamet Riyadi saat dihubungi, Rabu (22/7/2015).

Sampai pukul 12.45 WIB, pihak OIC masih mengumpulkan jumlah penerbangan yang terdampak aktivitas Gunung Raung. Perkiraan penutupan hingga pukul 18.00 WIB ini bersifat tentatif, tergantung kondisi terkini dari Gunung Raung.

Aktivitas vulkanik dari Gunung Raung beberapa waktu lalu sempat menyebabkan hujan abu. Di beberapa bandara, seperti di Jember, abu tipis turun dan menutupi landasan pacu. Kondisi ini sangat berbahaya bagi pesawat yang tetap beroperasi, terutama abu di udara yang masih bertebaran, dapat membuat kerusakan pada mesin pesawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com