Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mencegah Kebakaran di Musim Kemarau

Kompas.com - 20/07/2015, 10:08 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Kasus kebakaran semakin meningkat saat musim kemarau. Pada 2014 lalu, terjadi 34 kasus kebakaran di Kota Bandung saat musim kemarau.

Demi menekan angka kasus kebakaran, Kepala Bidang Pemadaman Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung, Yosep Heryansyah di Bandung, Jumat (20/7/2015) berbagi tips agar terhindar dari kebakaran.

1. Usahakan tidak membakar sampah. Karena di musim kemarau, alang-alang menjadi sangat kering sehingga mudah terbakar. Dan membakar sampah bisa memicu terbakarnya alang-alang, yang bisa membuat api cepat membesar dan menyebar.

2. Bijaklah menggunakan listrik. Selama ini banyak warga yang menyepelekan masalah listrik. Misal, ketika bepergian lama, saat mudik atau liburan, warga lupa mencabut listrik dari stop kontaknya. Seperti kulkas ataupun barang elektronik lainnya. Selain itu, pastikan lampu mati ketika akan bepergian.

3. Lapor ke aparat setempat. Bagi warga yang ingin pergi meninggalkan rumahnya dalam waktu yang lama, melaporlah kepada aparat setempat. Dengan cara itu, aparat akan mengawasi rumah tersebut lebih ketat. Sehingga, bila terjadi hal-hal tidak diinginkan, seperti kebakaran, lebih mudah diketahui. Hal tersebut akan memudahkan pemadaman api.

4. Tidak memasang portal di komplek perumahan. Yosep mengaku, beberapa kali kesulitan mengatasi kebakaran di perumahan. Alasannya bukan karena api yang sulit dikendalikan, tapi karena akses masuk ke lokasi kejadian terhalang portal. Akibatnya, mobil pemadam kebaran sulit mendekati lokasi.

Yosep menyarankan, kalaupun akan memasang portal, pasanglah di tempat yang dekat dengan satpam. "Jadi kalau ada kebakaran, bisa minta tolong satpam bukakan portal," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com