Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejak H-2 Idul Fitri Ada 10 Kebakaran di Bandung, Terbanyak Saat Hari Lebaran

Kompas.com - 20/07/2015, 09:34 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Sejak H-2 lebaran, hingga hari ini (Senin, 20/7/2015), sudah terjadi 10 kebakaran di Kota Bandung. Kebakaran terbesar terjadi hari ini di Pasar Induk Gedebage yang menghanguskan 100 kios.

"Yang paling besar Pasar Gedebage ini. Luasannya sekitar 700 meter," ujar Kepala Bidang Pemadaman Dinas Kebakaran Kota Bandung, Yosep Heryansyah di lokasi kejadian, Senin (20/7/2015).

Kebakaran terbanyak, sambung Yosep, terjadi pada hari Lebaran. Pada hari itu, terjadi lima kebakaran yang didominasi perumahan. "Banyaknya kebakaran diindikasi karena musim kemarau, sehingga kondisi alang-alang cukup panas dan mudah terbakar," tutur Yosep.

Seperti yang terjadi pada tiga dari 10 kasus kebakaran beberapa hari terakhir ini. Penyebabnya karena alang-alang yang kering dan mudah terbakar. "Tahun lalu terjadi 34 kasus di musim kemarau. Waktu itu jatuhnya bulan September. Untuk tahun ini sepertinya maju jadi bulan Juli-Agustus," ucap dia.

Menghadapi musim kemarau, aparat pemadam kebakaran terus menyiagakan seluruh perlengkapan dan sumber daya manusia. Bahkan, untuk terus berjaga, semua petugas pemadam kebakaran tidak ada yang libur saat lebaran. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com