Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran, Kantor Pembiayaan Grup Toyota Dibobol Maling

Kompas.com - 18/07/2015, 15:26 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com - Kantor pembiayaan PT. Amanah Finance yang adalah bagian dari grup Toyota, yang terletak di Jalan Saranani, Kecamatan Mandonga, Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), dibobol maling.

Akibat kejadian itu, brankas berisi uang Rp 100 juta dan 37 BPKB mobil, serta kamera CCTV raib. Peristiwa itu terjadi saat ruko dua lantai tersebut dalam kondisi kosong, karena libur lebaran.

Seorang saksi yang juga karyawan PT. Amnah Finance, Anti, menjelaskan saat melintas di depan kantornya ia melihat pintu kantor terbuka lebar. "Singgah dan liat kantor terbuka, lalu saya kirim informasi di grup BBM kantor," ungkap dia.

Kepala cabang PT Amanah Finance Kendari, Irfan yang mengetahui bahwa seluruh karyawan tengah libur lebaran, langsung mengecek kondisi kantor. Dia menemukan barang berhamburan dan brankas tak berada di kantor.

Sementara itu, Kepala Unit (Kanit) Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polsek Mandonga, Kendari, Iptu Supratman Ambo mengaku, polisi menerima laporan pencurian itu pada Jumat (17/7/2015) malam.

"Setelah terima laporan semalam kami langsung olah TKP, brankas berisi uang Rp 100 juta dan BKBP mobil di ruangan kasir lantai dua serta CCTV hilang," kata dia saat dihubungi, Sabtu (18/7/2015).

Supratman mengatakan, polisi menduga pelaku berjumlah empat orang. Sebab, ukuran brankas 1x1 meter dengan berat 200 kilogram, hanya mungkin diangkut oleh setidaknya empat orang.

Diperkirakan para pelaku masuk melalui plafon lantai dua, karena ditemukan atap plafon jebol. Di samping itu, petugas polisi juga mendapati satu pasang sandal jepit di samping ruko yang tengah dibangun.

"Samping Kantor Amanah Finance, ada ruko yang sementara dikerjakan. Kemungkinan pelaku masuk lewat bangunan itu, dan menjebol plafon kantor leasing itu, kita juga temukan sandal jepit," tutur dia.

Supratman melanjutkan, polisi masih melakukan penyelidikan atas kejadian itu, dan meminta karyawan dan pemilik PT Amanah Finance untuk membuat laporan secara resmi di kantor Polsek Mandonga. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com