Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden: Negara Kita Ini Majemuk, Kita Harus Jaga Toleransi

Kompas.com - 18/07/2015, 12:35 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis


SOLO, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo angkat bicara terkait kerusuhan di Tolikara, Papua, Sabtu (18/7/2015). Jokowi mengingatkan semua pihak bahwa Indonesia merupakan negara majemuk dengan berbagai ragam budaya, agama dan suku.

Menurut Jokowi, toleransi dan persatuan harus dijaga. Di tengah acara pembagian sembako gratis di Solo, Jokowi mengatakan bahwa kasus di Papua tersebut sudah diatasi oleh Polri.

Jokowi mengajak masyarakat Indonesia untuk tetap menegakkan sikap toleransi dan persatuan di antara anak bangsa. Kasus tragedi di Tolikara, Papua, beberapa waktu lalu, menurut Jokowi, sudah dalam penanganan pihak kepolisian.

"Sudah ditangani Polri, dalam kondisi baik semua, tapi kita perlu mengingatkan bahwa negara kita ini negara majemuk, multikultural, banyak suku, ada banyak adat istiadat, ada banyak agama yang bermacam-macam, beraneka ragam. Itulah kebhinekaan kita, tapi yang harus kita jaga adalah toleransi, kebersamaan, persatuan di antara kita di mana pun," kata Jokowi saat acara pembagian sembako gratis kepada warga Solo di Pasar Notoharjo, Semanggi, Solo, Sabtu (18/7/2015).

Sebelumnya diberitakan, kerusuhan di Tolikara, Papua, menjadi topik hangat di media sosial. Banyak pihak menyayangkan tragedi yang menyebabkan belasan luka tembak dan puluhan bangunan terbakar di saat Hari Idul Fitri.

Jokowi diagendakan akan berangkat ke Desa Giriroto, Boyolali, untuk bertemu dengan warga dan membagi sembako gratis. Jokowi dan keluarga akan menghabiskan akhir pekan di Solo, hingga Minggu (19/7/2015).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com