Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi Pantau Penanganan Bencana di Lanny Jaya Papua

Kompas.com - 17/07/2015, 20:47 WIB


BANDA ACEH, KOMPAS.com
- Presiden Joko Widodo mengatakan terus memantau dan mendapatkan laporan mengenai penanganan tanggap bencana cuaca esktrem di Kabupaten Lanny Jaya, Papua. Ia mengatakan, pemerintah telah mengirimkan bantuan untuk warga di sana.

Presiden mengatakan, bantuan pemerintah itu telah dikirim pada Rabu (15/7) ke Wamena. Namun, pengiriman ke lokasi bencana alam menghadapi gangguan cuaca.

"(Bantuan) sudah di Wamena, pagi tadi saya cek. Tetapi dari Wamena menuju ke puncak, Lanny Jaya memang cuacanya (buruk), mudah-mudahan hari ini bisa sampai," kata Presiden jelang bertolak dari Pangkalan Udara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh menuju Solo, Jumat (17/7/2015).

Ia mengatakan, bantuan sebanyak 50 ton itu sudah siap dikirim. Sudah ada pesawat yang siap mengantar dari Wamena ke Lanny Jaya. Ia berharap banduan dapat segera sampai ke penduduk korban bencana alam.

Pada 3 Juli 2015, hujan es melanda kampung-kampung di Distrik Wano Barat, Lanny Jaya. Hal serupa terjadi kembali pada 5 Juli, di mana hujan es yang terjadi selama semalam mengakibatkan penduduk tewas, ternak mati, dan tanaman membusuk.

Bupati Lanny Jaya Befa Jigibalom, Kamis (16/7), mengatakan bahwa ia telah membuat surat keputusan yang menyatakan bahwa daerahnya dalam status darurat bencana alam. (Baca 11 Meninggal, Lanny Jaya Berstatus Darurat Bencana)

Sekretaris Daerah Kabupaten Lanny Jaya Cristian Sohilait, Selasa (14/7), mengatakan, perubahan cuaca itu mengakibatkan suhu daerah sekitar menjadi di bawah nol derajat Celcius. Ia mengatakan, sedikitnya 10 warga meninggal dunia akibat cuaca dingin tersebut. (Baca Cuaca Ekstrem, 10 Warga Tewas Kedinginan di Lanny Jaya Papua)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com